Dapatkan Berbagai Manfaat Kesehatan Ini dengan Mengonsumsi Ikan Tiap Hari

Manfaat Kesehatan Bila Mengonsumsi Ikan Tiap Hari. Yuk, Mulai Perbanyak Makan Ikan Dari Sekarang
Sumber: Inlifehealthcare

Ikan adalah salah satu jenis makanan sehat yang memiliki manfaat potensial untuk kesehatan. Ini cukup beralasan karena ikan diketahui kaya akan nutrisi esensial, seperti protein, vitamin D, kalsium, fosfor, serta menjadi sumber mineral penting seperti iron, zinc, magnesium, dan potassium. Tidak hanya itu, ikan juga menjadi sumber terbaik untuk nutrisi esensial seperti asam lemak omega-3. Dan berikut adalah manfaat mengonsumsi ikan untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Mengonsumsi Makan Ikan Tiap Hari

Mengonsumsi Ikan untuk Kesehatan

Mengonsumsi ikan secara teratur diketahui dapat membantu menjaga tubuh tidak berlemak dan membantu meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, makan ikan juga tidak hanya berpengaruh pada lingkar pinggang, tetapi juga membantu fungsi tubuh lain, meliputi perkembangan liver, otak, serta mengatur tidur Anda. Oleh karena itulah kenapa mengonsumsi ikan tiap hari dapat mengurangi berbagai risiko penyakit, khususnya yang berkaitan dengan jantung.

Baca Juga : 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Jika Memelihara Ikan di Kantor

Manfaat Mengonsumsi Ikan Tiap Hari

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh bila memasukan ikan tiap hari pada menu makanan Anda.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung. Mengonsumsi ikan tiap hari dikait-kaitkan dengan menurunnya risiko fatal dari penyakit jantung koroner. Seafood ini diketahui kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan, membantu melindungi jantung, dan mencegah penyakit kronis lainnya.
  2. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Mengonsumsi ikan juga memiliki manfaat penting untuk otak, yaitu untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Mengonsumsinya tiap hari diketahui dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer, sekaligus mengurangi penyusutan dan kemunduran otak yang menyebabkan komplikasi fungsi otak.
  3. Menurunkan depresi. Ini adalah kabar baik untuk para penggemar ikan. Jika Anda merasa sering mengalami depresi, cobalah makan ikan. Memang benar, ikan; minyak ikan dapat membantu meredakan gejala depresi sehingga dapat meningkatkan kesehatan mental.
  4. Menjadi sumber vitamin D. Ikan diketahui mengandung vitamin D tinggi dan dianggap sebagai salah satu sumber nutrisi penting untuk jenis vitamin D. Vitamin D ini sendiri diperlukan untuk penyerapan kalsium untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Untuk mengurangi risiko kekurangan vitamin D, Anda pun disarankan untuk mengonsumsi ikan secara rutin.
  5. Meningkatkan daya penglihatan. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena otak dan mata sangat memerlukan asam lemak omega-3 dan perlu nutrisi ini untuk mempertahankan kesehatan dan fungsinya dengan baik.
  6. Membuat Anda bisa tidur nyenyak. Jika Anda susah tidur, Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan secara teratur. Menurut hasil penelitian, meningkatnya konsumsi ikan dapat meningkatkan kualitas tidur bagi sebagian besar orang. Hal ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi vitamin D yang bisa bermanfaat untuk mendapatkan kualitas tidur lebih baik.
  7. Membantu mengurangi arthritis. Jika Anda termasuk orang yang sedang memiliki masalah dengan rheumatoid arthritis, pakar kesehatan menyarankan Anda untuk mengonsumsi ikan. Rheumatoid arthritis sendiri adalah sejenis peradangan kronis pada tulang sendi dan mengonsumsi ikan secara teratur dapat membantu meredakan pembengkakan dan nyeri.
  8. Menurunkan kolesterol. Nutrisi yang terkandung dalam ikan memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Asam lemak omega-3 dalam ikan ini juga diketahui dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol dan mencegah kolesterol terbentuk dalam tubuh.
  9. Mengurangi penyakit auto-imun. Menurut studi yang diterbitkan dalam sebuah jurnal, mengonsumsi ikan tiap hari dapat membantu mencegah penyakit auto-imun, seperti diabetes tipe 1. Kandungan vitamin D yang cukup tinggi dalam ikan diketahui dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan metabolisme glukosa.
  10. Mencegah gejala PMS. Tahukah Anda bila mengonsumsi ikan juga dapat meredakan gejala PMS pada wanita? Ini benar adanya. Menurut hasil studi, wanita yang sering mengalami PMS disarankan untuk makan ikan secara teratur karena kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan dapat mencegah gejala tersebut terjadi.

Beri Komentar Anda

komentar