Selain Memicu Adrenalin, Ini 4 Manfaat Kesehatan Menonton Film Horor

Manfaat Kesehatan Menonton Film Horor

Selama ini mungkin Anda tidak pernah berpikir tentang manfaat kesehatan menonton film horor, karena yang Anda rasakan saat menonton film tersebut adalah rasa takut saja bukan merasa sehat. Namun, ternyata sudah banyak penelitian yang menjelaskan jika film horor bisa memberikan manfaat kesehatan bagi penontonnya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan menonton film horor yang jarang diketahui orang.

Wow, Tak Disangka Inilah Manfaat Kesehatan Menonton Film Horor!

nonton film horor

Mampu Membakar Hingga 200 Kalori

Tahukah Anda jika menonton film horor selama 90 menit bisa membakar kalori hingga 113 kalori? Jumlah kalori ini sama dengan jumlah kalori dalam cokelat atau yang akan terbakar selama 30 menit berjalan kaki. Saat Anda tegang, jantung berdebar-debar, dan napas menjadi berat, itu berarti tubuh Anda bekerja lebih keras. Jadi meskipun Anda duduk manis di sofa, namun sebenarnya tubuh sedang dalam proses pembakaran hingga 200 kalori.

Baca Juga: Bermain Game PUBG Ternyata Bikin Produktivitas Kerja Meningkat

Membantu Mengatasi Kecemasan

Ketika Anda menonton film horor, respon ‘lawan atau lari’ dipicu dalam otak yang memompa adrenalin, glukosa, dan kortisol dalam tubuh. Bahkan saat melihat adegan yang menegangkan dalam film horor tersebut, Anda akan merasa lebih aman dibandingkan dengan bahaya di dunia nyata. Secara tak langsung ini akan membantu Anda menurunkan rasa cemas yang berlebihan.

Memicu Otak Melepaskan Dopamin dan Serotonin

Otak Anda bereaksi terhadap roller coaster emosional film horor dengan melepaskan bahan kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat untuk membuat Anda merasa baik. Jadi, adegan menakutkan dan menegangkan tersebut akan menyisakan sensasi yang membuat Anda lebih baik dan tenang akibat aktivitas otak yang terjadi.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah menonton film horor, baik pria maupun wanita menunjukkan peningkatan aktivitas sel darah putih di dalam tubuhnya. Selain itu, ini akan membantu dalam mengeluarkan bakteri dan virus keluar dari tubuh. Aliran adrenalin yang disebabkan oleh film horor tersebut akan memobilisasi sistem kekebalan tubuh.

Beri komentar Anda tentang artikel ini