Bukan Hanya Trading Kripto, Ini Manfaat Lain dari Teknologi Blockchain

Penggunaan teknologi blockchain identik dengan kegiatan trading mata uang kripto identik. Di pasar kripto, blockchain berfungsi menyimpan dan memverifikasi data transaksi. Nyatanya, banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari penggunaan teknologi kripto.

Teknologi blockchain memungkinkan data disimpan secara aman. Namun, meski faktor keamanannya terjamin, data yang ada bisa diakses dengan mudah oleh semua orang.

Mengenal Teknologi Blockchain

Sederhananya, blockchain terdiri dari rangkaian block yang menyimpan banyak data. Block pertama dinamai genesis block. Block kedua menyimpan data yang diinput berikutnya dan perubahan yang terjadi akibat adanya input terbaru. Demikian pula dengan block ketiga dan seterusnya. Block-block tersebut dirangkai dan tersusun dalam sebuah rantai sehingga menjadi blockchain.

Setelah ada input terbaru, data yang diinput di block sebelumnya tidak akan bisa diubah oleh siapapun. Untuk itu, sebuah block dilengkapi oleh pengaman berupa cryptography.

Selain itu, sebuah rangkaian blockchain tidak hanya disimpan di satu server. Inilah yang membuat data blockchain tidak bisa dimanipulasi. Dibutuhkan konsensus bersama untuk mengubah data di dalam block atau blockchain.

Pengunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain digunakan di perdagangan mata uang kripto, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh teknologi blockchain.

Penggunaan Teknologi Blockchain di Sektor Perbankan

Teknologi blockchain cukup terjamin dari sisi keamanan. Karenanya, teknologi ini bisa digunakan pihak perbankan untuk mentransfer uang. Kelebihannya, proses input dan verifikasi data bisa dilakukan selama 24 jam non-stop sehingga transfer uang dengan blockchain dapat dilakukan meski di hari libur.

Menyimpan Data Pasien dengan Aman

Selain pihak perbankan, rumah sakit juga kerap membutuhkan database informasi yang terjamin keamanannya. Karenanya, menyimpan data pasien, dokter, riwayat penyakit atau obat-obatan bisa dilakukan dalam ekosistem blockchain.

Baca Juga: Google Gunakan Kunci Akun untuk Mengamankan Data Pengguna Gmail

Teknologi Blockchain untuk Voting Digital

Melakukan voting juga bisa dilakukan dengan menggunakan blockchain. Data yang di input tetap aman, namun semua pihak bisa melihat progres voting yang dijalankan. Bukan tidak mungkin, blockchain juga digunakan untuk pemilihan umum.

Menyimpan Data Senjata

Salah satu jenis data yang rawan diakses adalah data senjata api dan bahan kimia. Menyimpan data ini ke dalam blockchain akan menjamin keamanannya. Dengan mengakses datanya, pihak yang berwajib akan mudah mengetahui siapa pembuat senjata, pemiliknya, serta jalur distribusinya.

Memantau Kadar Kebersihan Makanan

Jika suplier bahan makanan menginput datanya ke blockchain, maka asal-usul bahan makanan bisa terlacak. Dengan demikian jika terjadi bahan makanan tercemar racun, semua pihak bisa mengetahui, termasuk pemilik restoran dan konsumen. Di sisi lain, konsumen juga bisa memilih dan memilah jenis makanan yang ingin disantap atau restoran yang ingin didatanginya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here