Magang di Job-Like: Pentingnya Magang Sebelum Masuk ke Dunia Kerja

Magang di Joblike : Pentingnya Magang Sebelum Masuk ke Dunia Kerja
Waode Nuzulurrahmah (kiri) dan Febriani Sofianningsih (kanan), anak magang Joblike.com

Yakin sudah siap masuk ke dalam dunia kerja?  

Berapa banyak di antara kalian, wahai mahasiswa tingkat akhir yang sangat antusias menantikan momen kelulusan? Momen kelulusan merupakan saat di mana kalian bisa melihat senyum bangga di wajah orang tua. Momen di mana kalian bisa merasakan kelegaan setelah menempuh studi kurang lebih empat tahun lamanya. Momen di mana kalian bisa menambahkan title di belakang nama and you will proud of it.

Pada momen kelulusan, kamu sebagai mahasiswa tingkat akhir pasti sudah memiliki bayangan, akan bekerja apa dan di mana setelah ini. Bayanganmu soal dunia kerja pasti dipenuhi dengan serunya bertemu dengan rekan-rekan kerja, menerima gaji setiap bulan, ngemall bareng setelah pulang kerja, dan hal-hal menyenangkan lainnya.

Tapi, apakah kamu sudah siap menghadapi tantangan dunia kerja ?

Percayalah guys, tidak semua hal menyenangkan akan kamu dapatkan di dunia kerja. Terkadang kita harus menelan pil pahit untuk menghargai sebuah proses. Siapkah kamu menghadapi beratnya tekanan kerja dari atasan? Siapkah kamu menangani “drama” dengan sesama rekan kerja? Siapkah kamu menghadapi persaingan di dunia kerja?

Salah satu persiapan yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja yaitu mencoba magang baik di perusahaan maupun di startup. Magang bisa mengajarkan kamu bagaimana bersikap dan menangani berbagai permasalahan saat memasuki dunia kerja. Selama magang, kamu bisa menunjukkan potensimu asalkan kamu mau untuk dibimbing dan diarahkan ke dunia profesional yang lebih luas.

Pilih Tempat Magang yang Bisa Membuat Kamu Berkembang

Sebagai startup yang bergerak di bidang HR Consultant, Job-Like.com terbuka bagi kamu yang ingin magang dan merasakan pengalaman bekerja sama dengan para recruiter specialist.   

Yuk, kita ngobrol bareng dua anak magang di Job-Like.com, Waode Nuzullurrahmah dan Febriani Sofianningsih supaya kamu tahu bagaimana serunya magang di Job-Like.com.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, Ode merasa magang itu sangat penting sebagai pemanasan sebelum dia benar-benar bekerja secara profesional. Mahasiswi Institut Pertanian Bogor semester 8 ini mengakui ia belum pernah magang sebelumnya. Job-Like.com merupakan tempat magang pertama baginya.

“Magang sebelum kerja menurutku penting karena bisa memberikan gambaran dunia kerja tuh kayak apa. Soalnya kan dunia kerja sama dunia kuliah itu berbeda. Magang juga memungkinkan kita belajar banyak hal baru,” kata Ode.

Siapa bilang magang cuma mengerjakan hal-hal receh seperti membuatkan kopi atau melakukan foto kopi? Di Job-Like.com, kamu bisa menempati posisi strategis untuk membantu karyawan dalam divisi tertentu menyelesaikan proyeknya. Seperti Ode, yang berada dalam Divisi Business Development. Dalam divisi ini, ia bekerja sama dengan tim sales dan recruitment consultant untuk melakukan riset dan pencarian kandidat.

“Magang di Job-Like.com, bidangnya unik dan memungkinkan aku tahu lebih banyak hal soal perusahaan. Yang dirasakan selama magang di sini, lingkungan kerjanya sangat dinamis, cepat berubah, dan kerja di startup harus cepat beradaptasi dengan perubahan itu.”

Berbeda dengan Ode, Febri sebelumnya sudah pernah magang di beberapa perusahaan lainnya. Namun, ia baru menemukan kehangatan dan kekeluargaan ketika magang di Job-Like.com. Baginya, seluruh karyawan Job-Like.com tidak pelit untuk berbagi ilmu kepada anak magang.

“Suasana kantornya asyik, nggak kaku, dan jadi banyak tahu bahwa bidang startup itu nggak hanya terbatas pada e-commerce. Di sini bisa seru-seruan bareng karyawan lainnya. Banyak makanan! Hahaha,” tutur Febri.

Anak magang di Joblike.com. Bekerja namun tetap fun!

Sebagai freshgraduate, Febri merasa perlu mengasah kemampuan hard skill dan soft skill-nya sebelum benar-benar menjadi seorang profesional. Menurutnya, penting untuk mengetahui budaya perusahaan serta nilai-nilai yang berlaku dalam perusahaan agar komunikasi antar rekan kerja berjalan dengan baik.

“Menurutku magang itu penting banget ya. Karena kita jadi tahu yang namanya budaya dan lingkungan kerja. Nah, karena aku magang di startup yang bergerak di bidang rekrutmen, jadi ada kesempatan juga buatku untuk mendapatkan tips dan trik seputar dunia kerja seperti gimana sih membuat CV yang baik. Direkturnya juga humble, mau berbicara dengan anak magang dan memberikan saran-sarannya.”

“Kami memiliki career path untuk anak magang. Jadi, tidak hanya karyawan tetap yang berkesempatan memiliki jenjang karier anak magang pun sama. Jika selama magang kami melihat dia memiliki kinerja dan ada lowongan pekerjaan yang sedang dibuka, sangat memungkinkan kami untuk merekrutnya sebagai karyawan tetap,” jelas Viola Silvya Irene, HRGA Manager Job-Like.com.

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Magang di Job-Like.com

Anak magang bukan anak tiri lho, pelakuan terhadap karyawan setara.

Selain memiliki tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan yang jelas, menjadi anak magang di Job-Like.com juga mendapatkan beberapa benefit, seperti,

Upah Bulanan

Job-Like.com menghargai setiap kontribusi yang diberikan oleh anak magang untuk kemajuan perusahaan. Maka, sebagai bentuk penghargaan Job-Like.com memberikan upah bulanan selama kamu magang. Lumayan kan buat nabung dan nambah uang jajan.

Makan Siang Gratis

Selama magang di Job-Like.com, kamu tidak perlu pusing memikirkan akan makan siang dimana hari ini. Dari Senin hingga Jumat, baik karyawan tetap maupun anak magang akan mendapatkan makan siang gratis. Jadi, kamu bisa menghemat lebih banyak waktu dan uang.

Akses Gedung

Anak magang akan mendapatkan akses gedung layaknya karyawan tetap di Job-Like.com. Hal ini untuk mempermudah mobilitas anak magang untuk menggunakan setiap fasilitas yang ada di gedung.

Baca Juga: Pengalaman Magang Penting untuk Career Path Anda

Birthday Leave

Job-Like.com menghargai hari-hari spesial bagi setiap karyawannya. Salah satunya saat ulang tahun. Siapa yang tidak mau berkumpul dengan keluarga di hari ulang tahunnya? Maka, Job-Like.com membebaskan karyawannya untuk mengambil libur di hari ulang tahunnya. Birthday leave ini diberikan kepada karyawan juga anak magang.

Ikut Berpatisipasi dalam Kegiatan Kantor

Tenang… Selama kamu magang di Job-Like.com, kamu tidak akan mendapat perlakuan seperti anak tiri kok. Karena Job-Like.com memperlakukan setiap karyawannya sama dan setara. Termasuk ketika ada kegiatan kantor baik di dalam maupun di luar jam kerja, anak magang pasti diikutsertakan agar merasakan keseruan yang sama!

Apa Kata Intern Job-Like.com?

“Di sini lingkungannya asyik, hampir tidak ada gap. Karyawan-karyawannya bisa menghidupkan suasana tapi di sisi lain mereka tetap bisa fokus. Kalau waktu kerja ya kerja dan kalau sedang santai pasti ada bercandanya. Timnya juga supportive dan kekeluargaan.”

“Di sini aku mendapat banyak wawasan dan pengalaman yang lebih luas tentang rekrutmen. Kekeluargaannya juga kental, karyawan lainnya juga seru, tidak ada yang membuat tertekan, serta lingkungannya mendukung satu sama lain. Fun deh pokoknya!”

Dukung Mereka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here