Magang saat Kuliah Penting Nggak Sih? Cek Dulu Manfaatnya Berikut Ini!

Magang saat kuliah biasanya menjadi pilihan bagi mahasiswa yang hendak lulus. Selain demi memenuhi tugas kuliah, magang dianggap kegiatan pas sebagai “pemanasan” terjun ke dunia kerja. Nah, di masa pandemi seperti ini, masih perlukah melakukan magang?

Andai ada perusahaan yang masih bisa menerima mahasiswa magang, tidak ada salahnya kamu mencobanya kok. Lagipula, hitung-hitung kamu adaptasi dengan sistem kerja remote atau work from home (WFH). Berikut beberapa manfaat dari magang saat kuliah.

Menerapkan Teori dalam Kuliah

Tentu sudah banyak ilmu yang kamu dapatkan di jenjang kuliah. Namun, sadarkah bahwa ilmu-ilmu tersebut lebih banyak bersifat teori daripada praktik? Itu sebabnya nih kamu butuh wadah yang tepat untuk menerapkan teori tadi.

Magang saat kuliah membantumu beradaptasi menerapkan teori ke dalam praktik. Kamu akan lihat bahwa terkadang bekerja di lapangan pun tak seindah atau semudah teori yang dipelajari. Bukankah ilmu akan lebih berguna jika mampu kamu implementasikan ke dunia nyata?

Mengenal Dunia Kerja Lebih Dini

Saat masih kuliah, kamu pasti membayangkan ingin lekas-lekas lulus dan bekerja. Menjadi karyawan sepertinya jauh lebih enak daripada mahasiswa ya. Padahal, kenyataannya tak selalu begitu loh.

Dengan magang saat kuliah, kamu bisa mendapatkan gambaran nyata dunia kerja sebenarnya. Pastinya tidak sepenuhnya indah, apalagi kalau sudah banyak “drama” di dalamnya. Kamu akan jauh lebih siap melangkah ke dunia kerja secara mental lewat magang ini.

Baca Juga: Jangan Kaget, Ini 5 Hal yang akan Dihadapi Millennial Ketika Bekerja Pertama Kali

Membangun Koneksi

Jangan remehkan koneksi dalam mendapatkan pekerjaan. Koneksi tidak melulu digambarkan sebagai nepotisme kok. Magang menjadi jalan bagi kamu mengenal lebih banyak orang dan di situlah kunci mengembangkan koneksi.

Bayangkan, persaingan mendapatkan pekerjaan semakin sengit di zaman sekarang. Kamu tidak bisa menampik bahwa kenalan atau koneksi mampu membantumu masuk ke beberapa tawaran pekerjaan. Asalkan kamu memiliki kemampuan dan pengalaman baik, koneksi akan sangat bermanfaat.

Bekal Terbaik sebelum Masuk Dunia Kerja Sebenarnya

Fresh graduate sering diragukan kemampuannya karena minim pengalaman. Ini tidak akan terjadi padamu andai memilih magang saat kuliah. Sedikit pengalaman kerja di perusahaan sudah cukup untuk membuatmu punya value lebih dibandingkan pelamar lain.

Kamu tidak akan canggung saat pertama kali bekerja. Setidaknya kamu sudah paham medan dunia kerjamu dan bagaimana harus bersikap pada rekan kerja. Magang benar-benar membantu kesiapan fisik dan mentalmu dalam bekerja nanti kok.

Semoga di masa pandemi ini kamu tetap mendapat kesempatan merasakan magang saat kuliah ya. Jangan lupa ambil ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here