Ternyata Ini Manfaat Makan Pisang Hijau untuk Kesehatan

Mengejutkan! Nyatanya Ada Manfaat Makan Pisang Hijau Untuk Kesehatan, Lho
Sumber: Boldsky

Pisang menjadi salah satu buah dengan harga murah meriah yang memiliki banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Selama ini, Anda memilih buah pisang yang sudah matang dengan kulit kekuningan untuk dinikmati dengan berbagai olahan, bukan? Tetapi, apakah Anda pernah makan pisang yang masih hijau yang direbus? Green banana atau pisang yang masih hijau dan belum terlalu matang ternyatanya punya banyak manfaat lho. Dan berikut adalah beberapa manfaat makan pisang hijau untuk kesehatan.

Manfaat makan Pisang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Tinggi Kandungan Serat

Pisang hijau memiliki kandungan serat tinggi dan kita semua tahu bila serat begitu penting ntuk mendukung fungsi sistem pencernaan yang baik dan untuk melancarkan buang air besar. Dalam 1 cup pisang hijau rebus diketahui mengandung 3,6 gram serat. Dengan mengonsumsi jumlah serat yang cukup, ini berarti Anda dapat terhindar dari risiko berbagai penyakit, seperti diabetes.

Pati Resisten

Pati resisten adalah pati yang tidak diserap di dalam usus kecil, melainkan diteruskan ke usus lebih besar. Sebuah riset yang dilakukan oleh Janine Higgins dari University of Colorado Health Science Center, dikatakan bahwa asupan pati resisten dikait-kaitkan dengan beberapa perubahan dalam metabolisme yang menawarkan manfaat kesehatan yang positif, termasuk mengurangi simpanan lemak, meningkatkan sensitifitas insulin ke seluruh tubuh, menurunkan kolesterol plasma dan konsentrasi trigliserida, serta menurunkan respon glikemik dan insulinemik.

Baca Juga: 3 Jenis Pisang dengan Manfaat dan Sisi Negatifnya yang Berbeda-Beda

Tinggi Potassium

Manfaat makan pisang mentah juga baik untuk organ penting dalam tubuh. Diketahui bila pisang yang masih mentah dan berwarna hijau ini memiliki kandungan potassium tinggi. Dalam 1 cup pisang hijau yang direbus mengandung 531 mg potassium. Sedangkan tubuh kita memerlukan potassium untuk pergerakan otot, fungsi saraf, dan pemurnian darah oleh ginjal.

Penyerapan Nutrisi yang Lebih Baik

Nutrisi yang terkandung dalam pisang hijau cukup tinggi. Tidak mengherankan bila manfaat makan pisang hijau dapat membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Bakteri Probiotik

Sumber: tuttosteopatia

Manfaat makan pisang hijau juga baik untuk usus. Diketahui buah pisang mentah yang berwarna hijau ini dapat berfungsi sebagai makanan sempurna untuk bakteri baik dan ramah bagi usus. Bakteri yang hidup dalam usus ini bisa mengonsumsi pisang hijau dan membantu menyehatkan organ perut serta membantu melancarkan pencernaan. Dengan begitu, usaha Anda untuk menurunkan berat badan pun bisa lebih optimal.

Sumber Vitamin

Pisang mentah yang berwarna hijau diketahui menjadi sumber yang kaya akan berbagai vitamin, seperti vitamin B6, C dan lainnya. Jenis vitamin tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi, bila Anda membeli pisang yang masih berwarna hijau, dan tidak sabar menunggu sampai kulitnya kekuningan, tidak ada salahnya Anda untuk makan pisang berwarna hijau dengan direbus terlebih dulu.

Mengatasi Masalah Diare

Manfaat makan pisang hijau selanjutnya adalah untuk membantu mencegah dan mengatasi diare. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan memasaknya terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Diare sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau parasit. Gejalanya pun beragam, mulai dari sakit kepala, mual, kelelahan, kram perut, dan lainnya. Sedangkan mengonsumsi pisang hijau bisa membantu mengatasi gejala tersebut.

Untuk Diet Diabetes

Sumber : Jameda

Orang-orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat mengonsumsi pisang hijau dalam menu diet karena mengandung gula rendah. Kita semua tahu betapa sensitifnya pola makan penderita diabetes. Anda bisa memasukan pisang hijau ke dalam menu makan dengan direbus terlebih dulu untuk mendapatkan hasil terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here