Ini Alasan Wajib Konsumsi Makanan Tinggi Kalium Setiap Hari

makanan tinggi kalium

Faktanya, jika satu hari saja Anda tidak makan makanan tinggi kalium, Anda mungkin meningkatkan risiko terkena kram otot yang menyakitkan. Tidak hanya itu, tidak makan cukup kalium dalam satu hari juga dapat memiliki konsekuensi yang lebih serius. Kondisi tersebut lantaran Anda tidak memiliki kadar mineral yang cukup sehingga hal ini akan meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung. Itulah sebabnya Anda dapat menambahkan beberapa makanan seperti alpukat, pisang, dan kentang ke tubuh Anda.

Dalam sebuah studi, para peneliti melakukan tes pada tikus dengan memisahkan tikus-tikus yang berisiko terkena penyakit jantung menjadi tiga kelompok: Satu diberi diet rendah kalium, yang kedua diet normal-kalium, dan yang ketiga diet tinggi kalium. Kemudian para peneliti melakukan ekokardiografi, atau tes pencitraan jantung, untuk melihat lebih dekat arteri mereka.

Berdasarkan hasil penelitian, mereka menemukan bahwa tikus yang diberi diet rendah kalium menunjukkan ukuran yang lebih besar dari kekakuan arteri yang dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah Anda. Kedua efek pembuluh darah bisa menjadi masalah bagi jantung Anda, dan berpotensi menyebabkan Anda mengalami penyakit jantung atau serangan jantung.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Makan Buruk yang Sering Tidak Disadari, Apakah Kamu Termasuk?

Jadi, diet rendah kalium meningkatkan jumlah kalsium di dalam sel otot polos di pembuluh darah. Zat ini juga memicu ekspresi penanda genetik tertentu yang dapat membuat pengembangan klasifikasi lebih mungkin. Namun, sayangnya penelitian ini dilakukan pada tikus, jadi tidak jelas apakah temuan yang sama juga berlaku untuk manusia. Tetapi penelitian sebelumnya pada manusia telah menunjukkan manfaat kalium yang menyehatkan jantung, terutama dalam hal membantu mengontrol tingkat tekanan darah, terutama ketika asupan natrium tinggi.

Makan makanan tinggi kalium adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. Jumlah kalium yang direkomendasikan setiap hari, yaitu 4,700 miligram (mg), untuk melindungi jantung Anda. Untuk memenuhinya, Anda dapat mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti kentang (mengandung 610 mg), setengah dari alpukat (487 mg), dan pisang sedang (422 mg). Pilihan lain termasuk kismis, artichoke, susu, dan bayam.

Baca Juga: Sering Melewatkan Sayur dan Buah? Ini Kiat Membuat Menu Sehat

Mulai kini, tidak ada salahnya untuk ekstra waspada tentang kesehatan jantung Anda. Selain itu beberapa cara menjaga kesehatan jantung juga bisa dilakukan dengan cara menjaga berat badan, berhenti merokok, berhenti mengonsumsi makan tidak sehat, atau rajin olahraga.

Beberapa jenis makanan tinggi kalium yang lain bisa Anda masukkan ke dalam menu harian Anda antara lain:

  • Kacang
  • Kurma
  • Yoghurt
  • Saus Tomat
  • Aprikot Kering
  • Ikan
  • Melon
  • Pepaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here