Mengejutkan! Inilah 5 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Secangkir kopi atau teh hangat menjadi menu wajib banyak orang di pagi hari. Tak sedikit juga orang yang mengganti kedua asupan ini dengan secangkir air dingin untuk memulai hari mereka. Padahal, Anda akan terkejut akan manfaat minum air hangat di pagi hari ketimbang kopi, teh, atau segelas air dingin.

Manfaat kesehatan mengonsumsi air putih hangat di pagi hari berikut ini mungkin akan mendorong Anda untuk segera mengubah kebiasaan untuk hidup lebih sehat.

Wow! Tak Disangka, Inilah Manfaat Minum Air Hangat Setiap Pagi!

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pernahkah Anda mendengar tentang khasiat air hangat sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan?

Ya, minum segelas air hangat di pagi hari mampu membantu Anda meningkatkan suhu tubuh, laju metabolisme dan memberikan kemampuan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Bahkan, jika Anda  menambahkan sedikit perasan lemon, khasiatnya lebih mengejutkan lagi karena mampu memecah jaringan adiposa pada tubuh. Selain itu, air hangat terutama dengan perasan lemon juga mampu menekan nafsu makan.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Ketika Anda minum air hangat di pagi hari, maka endapan yang terkumpul di sistem saraf dan timbunan lemak akan hilang. Proses ini membantu Anda menghancurkan racun yang ada di seluruh tubuh, membantu sirkulasi darah, membuat tubuh relaks, dan membantu otot mengendur. Jika Anda mengonsumsi air hangat secara rutin maka Anda bisa terhindar dari sirkulasi yang buruk, sebaliknya itu akan membantu aliran darah menjadi lancar.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Minum segelas air hangat di pagi hari akan membantu dalam merangsang sistem pencernaan. Selain itu, air hangat juga membantu tubuh untuk mencerna dan menghilangkan makanan dengan lebih efektif. Sebaliknya, jika Anda minum air dingin setelah makan, maka akan menjadi kontra-produktif. Sebab air dingin memadatkan minyak dan lemak dalam makanan sehingga lebih mudah menciptakan timbunan lemak dan menyebabkan pencernaan lebih sulit untuk bekerja.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi salah satu masalah yang menakutkan untuk dihadapi. Menua sebelum waktunya bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor termasuk kebiasaan dan racun dalam tubuh yang menumpuk. Selain lebih rentan terhadap penyakit, saat tubuh menumpuk racun maka tubuh akan menua lebih cepat karena tidak ternutrisi dengan baik. Jika Anda memilih segelas air hangat di pagi hari, maka itu membantu membersihkan tubuh dari racun, membantu memperbaiki sel-sel kulit yang menyebabkan peningkatan elastisitas kulit.

Baca Juga: Bukan Hanya Penuaan, Faktor Ini Juga Bisa Jadi Alasan Anda Punya Keriput di Dahi

Mampu Menginduksi Tidur

Jika Anda memilih minum air hangat dibandingkan air dingin saat makan, sebelum tidur atau di pagi hari, maka itu adalah pilihan yang bijak. Mengonsumsi air hangat mampu membuat tubuh lebih relaks, menenangkan saraf, juga mendorong tidur yang lebih nyenyak.  Ini juga akan menghentikan keinginan menikmati camilan di tengah malam saat mata tidak mengantuk. Jadi Anda bisa merasakan kualitas tidur yang sempurna, sekaligus mengurangi risiko midnight cravings.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here