Selain Bagus untuk Mata, Minum Jus Wortel Banyak Manfaatnya Lho

Selama ini, minum jus wortel identik dengan manfaatnya untuk kesehatan mata dan meningkatkan kekebalan tubuh. Padahal, selain dua manfaat tersebut, mengonsumsi jus wortel secara rutin memberikan manfaat yang lebih beragam lho. Ini dikarenakan wortel mengandung kaya beta-karoten, serat dan antioksidan, di mana nutrisi ini merupakan ‘senjata’ ampuh untuk melawan berbagai penyakit dan masalah kecantikan kulit.

Nah, biar kamu tidak ragu lagi, simak manfaat minum jus wortel berikut ini.

Membantu Berhenti Ngemil yang Tidak Sehat

Ketika kamu merasa lapar di antara waktu makan, biasanya mengemil keripik atau candy bar menjadi pelarian. Tapi, tahukah kamu kalau minum jus wortel bisa membantu mengurangi kebutuhan tersebut dan bahkan bisa membuat perut merasa kenyang?

Hal ini diungkapkan oleh Amy Gorin, MS, RDN, pemilik dari Amy Gorin Nutritionin di New York. Dalam 1 cup jus wortel diketahui mengandung jumlah protein yang mengejutkan, yaitu lebih dari 2 gram, dan juga 2 gram serat. Kedua nutrisi ini pun menurut Gorin bisa membuat perut kenyang lebih lama. Kamu pun tidak akan sering ngemil lagi.

Dapat Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Asupan cairan yang tinggi dapat membantu meningkatkan kualitas kulit. Manfaat minum perasan air wortel ini akan membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Di samping kandungan vitamin A, jus wortel juga menjadi sumber yang kaya akan antioksidan peningkat kekebalan tubuh lain, yaitu vitamin C.

Baca Juga: Waspada! 7 Masalah Kesehatan yang Dipicu Akibat Kurang Vitamin C

Manfaat ini diungkapkan oleh  Lisa Samuels, RD, pendiri dari The Happie House. Vitamin C ini penting untuk penyembuhan luka karena diperlukan untuk produksi kolagen, yaitu protein utama yang ditemukan di kulit dan jaringan ikat. Sa4ebagai antioksidan, vitamin C juga dapat membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Bila tekanan darah kamu tinggi, atasi dengan mengonsumsi jus wortel. Ya, jus wortel bisa menjadi solusi untuk mengontrol tekanan darah. Menurut Gorin, potassium adalah mineral yang penting untuk membantu menangkal efek sodium dan membantu mengontrol kadar tekanan darah.

Jus wortel adalah sumber potassium yang hebat karena dalam 1 cup mengandung 689 mgram, di mana ini sangat baik dan diperlukan oleh orang yang punya masalah tekanan darah tinggi.

Membantu Mengurangi Kembung

Masalah perut ini bisa membuat kamu merasa tidak nyaman sepanjang hari. Untuk memastikan kamu merasa lebih baik, kamu disarankan untuk minum jus wortel.

Manfaat mengonsumsi jus wortel di sini adalah untuk membantu mengurangi perut kembung dengan dua cara berbeda, yaitu mengurangi jumlah gas dalam perut dan membantu buang air kecil lebih teratur.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Minum jus wortel dapat membantu kamu mengatur tekanan darah ada pada tingkat stabil. Manfaat minum jus wortel ini bahkan bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol. Hal ini disebabkan karena jus wortel diketahui mengandung jumlah potassium tinggi, di mana ini menunjukan hubungan terbalik dengan kolesterol.

Pola makan tinggi potassium dianggap cocok untuk orang-orang yang bermaksud menurunkan kolesterol. Dan bila kamu ingin mendapatkan manfaat mengonsumsi jus wortel secara alami, kamu disarankan untuk membuatnya sendiri di rumah, dibuat dari 100 persen wortel segar dan tidak diberi tambahan gula. Dengan mengonsumsinya secara teratur, diharapkan dapat membantu menurunkan kolesterol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here