Khasiat Anti Penuaan Dini yang Didapat Bila Anda Rutin Minum Teh Hijau

Khasiat Anti Penuaan Dini yang Didapat Bila Anda Rutin Minum Teh Hijau
Sumber: Well-beingsecrets

Apakah Anda pernah bertanya, adakah bahan magis di alam yang dapat mengembalikan proses penuaan? Dan apakah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus di wajah membuat Anda khawatir? Jika Anda ingin memiliki wajah yang terlihat masih berusia 20-an tahun, Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli krim anti penuaan dini. Namun, kini Anda tidak perlu melakukannya lagi karena alam telah memberi bahan alami yang mampu memenuhi harapan Anda tersebut. Jawabannya adalah dengan rutin minum teh hijau.

Manfaat Minum Teh Hijau untuk Memperlambat Proses Penuaan Dini

Bagaimana Proses Penuaan Terjadi?

Menurut teori radikal bebas, penuaan terjadi sebagai konsekuensi reaksi kimia dalam sel. Sebagai bagian dari reaksi tersebut, racun yang diberi nama radikal bebas pun dihasilkan. Inilah alasan kenapa seseorang menjadi tua. Molekul radikal bebas merusak sel-sel sehat dengan mengosongkan oksigen dan menurunkan kadar kolagen, yang memainkan peran vital dalam menjaga elastisitas dan menjaga kulit tetap bercahaya.

Baca Juga : Sudah Tahu Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan, Belum?

Semakin tinggi jumlah radikal bebas dalam tubuh, Anda pun akan terlihat lebih tua. Laju pertumbuhannya juga semakin cepat jika Anda tidak melakukan perawatan dengan baik. Jumlahnya bisa meningkat karena dipengaruhi oleh faktor lain, seperti sinar UV, pola makan yang buruk, asupan tembakau, alkohol, obat-obatan terlarang dan pilihan gaya hidup yang tidak sehat.

Berlebihan Juga Tidak Bagus! Simak Efek Samping Minum Teh Hijau yang Perlu Anda Tahu
Sumber: Healthline

Manfaat Minum Teh Hijau untuk Anti Penuaan Dini

Berikut ini adalah beberapa manfaat minum teh hijau bila dikonsumsi secara teratur.

  • Penuaan seluler. Hasil studi di Cina menunjukan bahwa pria yang minum teh hijau mengalami penuaan sel dengan laju lebih lambat dibandingkan pria yang tidak mengonsumsi teh. Peneliti beranggapan bahwa antioksidan dalam teh hijau menjadi alasan di belakang fenomena ini.
  • Melindungi lutut Anda. Teh hijau mengandung flavonoid kuat yang berkontribusi untuk kesehatan lutut, sekaligus membantu mengurangi kerusakan tulang rawan dan kolagen dalam nyeri sendi. Minum teh hijau secara teratur pun dapat membantu mencegah penyakit rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.
  • Baik untuk kulit Anda. Teh hijau mengandung antioksidan mengagumkan yang dapat membersihkan kulit dan membuatnya tampak bercahaya. Anda hanya perlu memulaskan kapas yang telah dicelupkan dalam teh hijau dan melakukan perawatan kulit ini secara teratur untuk mendapatkan kulit halus dan lembap.

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Memperlambat Proses Penuaan?

Tampaknya, teh hijau diketahui sebagai minuman yang memiliki konsentrasi paling tinggi dari katekin dan polifenol. Dengan kata sederhana, antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu menghancurkan radikal bebas hingga membuat kulit tampak cerah bersinar dan awet muda.

Teh hijau sendiri mengandung kadar oligomeric proanthocyanidins –OPCs–, salah satu antioksidan paling potensial yang telah terbukti dapat membantu memperlambat proses penuaan dini jika dikonsumsi secara internal. Namun, Anda masih bisa mengaplikasikan teh hijau secara eksternal langsung pada kulit.

Jadi, saat dan kapan terjadi pengurangan radikal bebas, proses penuaan pun pada akhirnya semakin lambat. Sekarang Anda tahu bahwa anti penuaan dan antioksidan berjalan beriringan dan identik satu sama lain. Oleh karena itulah kenapa Anda direkomendasikan untuk menyeruput paling tidak 1 – 2 cangkir teh hijau tiap hari.

Hal terbaik dari minum teh hijau adalah secara bersamaan membuat Anda tampak lebih muda dari umur yang sebenarnya dan Anda pun akan terhindar dari berbagai penyakit. Jadi, jangan ragu lagi untuk menyuguhkan teh hijau tiap hari agar Anda bisa terbebas dari masalah kulit keriput, garis-garis halus dan kulit bergelambir.

1 COMMENT

Comments are closed.