Pijat Refleksi Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Nggak Sih?

Setelah seharian bekerja, pergi ke ahli pijat tentu menjadi momen yang menyenangkan untuk sebentar melepas stres dan merelaksasikan tubuh setelah lelah beraktivitas. Jika kamu tak memiliki waktu untuk memijat seluruh badan, pijatan lembut di area kaki dan tangan rasanya cukup untuk meregangkan otot-otot yang kaku. Berbicara tentang pijat tangan dan kaki, apakah sebenarnya perbedaan dari pijatan kaki standar dan pijat refleksi?

Apakah ada manfaat dari pijat refleksi? Simak dulu penjelasannya berikut ini.

Apa Sebenarnya Pijat Refleksi?

Pijat refleksi adalah jenis terapi alternatif berdasarkan gagasan bahwa titik-titik berbeda pada kaki dan tangan sesuai dengan otot atau organ tertentu dalam tubuh.

Seorang ahli refleksi akan memberikan tekanan pada titik-titik ini untuk melepaskan ketegangan, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan kesehatan di area tubuh yang terkait.

Apakah Ada Manfaatnya?

Iya dan tidak. Ini karena terdapat sedikit bukti ilmiah untuk mendukung teori bahwa menyentuh area tertentu pada kaki dapat memengaruhi bagian tubuh tertentu, dan pijat refleksi pasti tidak boleh digunakan untuk menyembuhkan apa pun.

Tetapi banyak penelitian menunjukkan bahwa pijat ini dapat bermanfaat bagi kesejahteraan secara umum, seperti meningkatkan relaksasi dan menurunkan stres.

Baca Juga: Tak Hanya Atasi Pegal, Ini Manfaat Pijat Rutin bagi Tubuh

Seperti Apa Rasanya?

Untuk kamu yang belum pernah mencoba, sebelum pijat refleksi dimulai, sepatu dan kaus kaki dilepas, dan kamu akan duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman. Tidak seperti pijatan kaki pada umumnya, ahli refleksi biasanya tidak akan menggunakan lotion atau minyak, tetapi akan memberikan tekanan dengan jari-jari mereka sesuai dengan titik-titik tertentu, bekerja.

Tergantung pada rasa sakit yang kamu alami dan masalah apa yang sedang terjadi di tubuh, terkadang pijatannya memang terasa cukup  menyakitkan. Tetapi, secara umum, kebanyakan orang menemukan bahwa itu adalah sensasi yang menyenangkan. Sesi refleksologi biasanya berlangsung selama 30 hingga 60 menit.

Apakah Saya harus Mencobanya?

Kamu tidak perlu memahami seluruh teori kaki-tubuh untuk mengetahui bahwa memberikan tekanan pada kaki dapat membantu meredakan rasa sakit dan sakit itu sendiri, walaupun hasil akhirnya kamu akan jauh lebih rileks. Jadi, jika kamu merasa perlu sedikit dimanjakan dengan pijatan, maka tak ada salahnya mencoba pijat refleksi.

Tapi yang perlu dipastikan adalah tempat pijat refleksi yang kamu datangi merupakan seorang ahli refleksi yang bersertifikat dan professional. Bila kamu hamil dan ingin merasakan atau menenangkan badan dengan pijat refleksi, maka kamu baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Kamu juga bisa melakukannya seorang diri, lho. Bahkan jika kamu tidak tahu titik-titik tekanan, coba pijit kakimu sendiri selama sepuluh menit sehari untuk mencoba merasakan rasa nyaman dan rileks pada otot kaki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here