Work Spouse: Selain di Rumah, Kamu Punya Pasangan di Kantor?

Bagi karyawan yang sudah berumah-tangga, kamu tentunya tidak boleh memiliki pasangan di luar rumah. Bagi yang berpacaran, kamu juga tidak boleh punya selingkuhan. Tapi, tidak ada salahnya untuk memiliki work spouse lho. Work spouse merupakan pasangan di kantor atau di tempat kerja.

Mengapa hubungan dengan work spouse bisa terjalin? Hal ini bisa terjadi jika kamu memiliki persamaan alasan dan tujuan dalam bekerja. Selain itu, kamu dan pasanganmu tersebut sering berkomunikasi sehingga terjadi kedekatan. Dengan begini, saling pengertian dan kerjasama terjalin lebih baik.

Tidak jarang, kedekatan ini menyebabkan kamu hanya bisa merasa nyaman bekerjasama dengan pasanganmu tersebut. Sebaliknya, hal itu tidak dirasakan jika bekerjasama dengan rekan kerja lainnya.

Kamu Memiliki Work Spouse kalau Ada Tanda-Tanda Ini

Karena ada kedekatan dan saling pengertian, kamu dan work spouse-mu bisa saling percaya satu sama lain. Tidak jarang kamu menceritakan kehidupan pribadimu kepadanya. Kamu juga sering menceritakan masalah-masalah pekerjaan yang biasanya tidak kamu ceritakan pada rekan kerja lainnya.

Tapi, work spouse juga merupakan orang yang selalu memberikan kritik atau feedback. Karena ia menginginkanmu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. Selain itu, ia juga memberikan dukungan, saran dan bimbingan, kalau kamu mengalami masalah.

Tanda lainnya, yaitu kamu merasa kehilangan kalau ia tidak masuk kantor karena sakit atau cuti. Sebaliknya, kalau ia berada di kantor, kamu lebih sering makan siang bersamanya dibandingkan dengan orang lain. Saat jam pulang kantor, kamu juga lebih sering meninggalkan kantor di waktu yang bersamaan.

Baca Juga: PDKT dengan Rekan Kerja Sering Berujung Gagal, Apa Penyebabnya?

Manfaat Punya Pasangan di Tempat Kerja

Menjalin hubungan dengan work spouse punya banyak keuntungan. Salah satunya, yaitu ia selalu memberikan dukungan atau bantuan saat kamu mengalami masalah di pekerjaan. Tidak jarang ia juga ikut menyelesaikan masalah tersebut.

Menjadi orang terdekat, membuatnya bisa mendapatkan solusi yang tepat bagi masalah yang kamu alami. Sebaliknya, jika kamu mendapatkan keberhasilan, ia menjadi orang pertama yang memberikan pujian.

Di sisi lain, saat akan mengambil keputusan atau berinisiatif, pasanganmu ini bisa memberikan saran, atau mencegahmu melakukan sesuatu yang bisa merugikan. Baik merugikanmu, rekan kerja maupun perusahaan. Hal-hal semacam ini juga berlaku untuk aktivitas lainnya, semisal membuat rencana kerja, menjawab email, atau mengadakan meeting.

Manfaat lainnya, work spouse memberikan kebebasan padamu. Pasalnya, ia sudah mengerti akan kepribadian dan karaktermu. Hal ini membuat kamu merasa nyaman bekerja. Saat merasa nyaman bekerja, kamu menjadi lebih produktif dan inovatif.

Namun, meski work spouse mendatangkan banyak keuntungan, kamu sebaiknya menjaga hubungan hanya untuk soal pekerjaan. Kamu jangan terikat secara emosional, sehingga tidak akan mengganggu hubunganmu dengan pasanganmu di luar kantor (pacar, istri/suami). Kalau perlu, kamu bisa memperkenalkan work spouse-mu pada pasanganmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here