Wow Inilah 6 Manfaat Luar Biasa Secangkir Kopi Espresso

Kopi menjadi sangat populer terutama saat mulai banyak para pebisnis yang menggunakannya sebagai peluang menguasai pasar kuliner. Secangkir kopi espresso menjadi teman kerja yang setia menemani sepanjang hari. Namun banyak penjelasan yang membuat orang-orang selalu berpikir negatif tentang minuman kafein ini.

Tentu saja penjelasan tersebut tidak benar-benar salah, tapi ini kembali pada berapa jumlah wajar yang bisa dikonsumsi. Jika kamu memang penggemar berat kopi, maka mengonsumsi kopiĀ  dalam jumlah yang berlebihan juga sangat tidak disarankan.

Untuk menyeimbangkan pandanganmu terhadap kopi, intip beberapa manfaat luar biasa dari secangkir kopi espresso favoritmu:

Menurunkan Risiko Bunuh Diri

Kafein tidak hanya merangsang sistem saraf pusat seseorang, tetapi juga dapat bertindak sebagai sejenis antidepresan. Kopi mampu meningkatkan produksi otak neurotransmiter tertentu, termasuk dopamin, serotonin, dan noradrenalin.

Ini juga akan menjelaskan penurunan risiko depresi di kalangan peminum kopi dalam studi epidemiologi sebelumnya. Sebuah studi oleh peneliti Harvard School of Public Health (HSPH) melaporkan bahwa meminum dua hingga empat cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada pria dan wanita sebesar 50%.

Baca Juga: Minum Kopi, Yuk! Sambil Ketahui Fakta Unik Kopi Berikut Ini

Meningkatkan Kinerja Atletik

Kopi espresso yang dikonsumsi dalam dosis rendah hingga sedang bisa memengaruhi kinerja fisik untuk latihan yang maksimal. Kamu bisa berlatih lebih lama dari biasanya dan mampu menahan kelelahan.

Kopi merangsang rubuh menggunakan simpanan lemak sebagai bahan bakar selama latian yang lebih panjang.

Meningkatkan Kewaspadaan

Mengonsumsi kopi dianggap mampu membantu untuk lebih fokus dan kosnsentrasi. Pada kenyataannya ini memang benar karena espresso meningkatkan konsentrasi dopamin yang mengontrol fungsi otak yang berhubungan dengan perhatian.

Maka ketika seseorang ingin bekerja saat larut, mereka memilih kopi untuk meningkatkan kewaspaan saat melakukan aktivitas. Selain itu minum secangkir kopi sebelum pergi bekerja dapat meningkatkan kewaspadaan dengan melawan inersia tidur atau perasaan lelah setelah bangun secara tiba-tiba.

Memerbaiki Memori Jangka Panjang

Dosis kafein yang tepat ternyata mampu meningkatkan memori jangka panjang pada manusia. Hal ini terjadi ketika kafein meningkatkan proses konsolidasi memori selama kamu mengonsumsi dalam jumlah yang sesuai.

Jika kamu sering melupakan berbagai hal maka tak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi kopi dengan dosis tepat hanya untuk memperbaiki memori jangka panjang.

Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang menantikan berat badannya menurun, cobalah untuk memasukan secangkir kopi espresso ke dalam menu diet. Menurut para ahli, minum kopi tidak hanya berdampak baik pada tingkat konsentrasi dan energi saja. Namun mengonsumsi kopi espresso mampu membantu untuk menurunkan berat badan.

Menurunkan Risiko Diabetes

Para peneliti di Harvard School of Public Health menemukan bahwa meningkatkan asupan kopi dari mereka yang minum setiap hari selama periode tertentu bisa menurunkan peluang diabeters tipe dua sebesar 11%.. Sedangakan bagi mereka yang mengurangi asupan kopi maka mengalami 17% lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here