Mengenal Sistem Kasir POS dan Manfaatnya Bagi Bisnis Retail Anda

Sumber: digitalguardian.com

Mesin register kas seringkali digunakan jika seorang kasir atau karyawan toko ingin mencetak struk, menyimpan uang pembelian dan menyediakan kembalian. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, ada sistem point of sale atau POS.

POS merupakan sistem penjualan yang lebih modern yang dikenal juga sebagai sistem kasir online. Sistem kasir ini menggunakan software yang lebih canggih, dan pengoperasiannya menggunakan tablet, smartphone atau perangkat lainnya.

Lalu apa manfaat sistem semacam ini bagi pemilik bisnis seperti Anda?

Sistem Kasir POS Memudahkan Input Data

Dengan sistem kasir POS, seorang kasir atau karyawan toko tidak lagi harus mengetikkan informasi seperti menggunakan mesin kasir struk biasa. Beberapa sistem kasir sudah bisa terkoneksi dengan perangkat khusus untuk merekam informasi yang diberikan oleh konsumen, yaitu scanner. Sehingga kesalahan input data bisa diminimalisir.

Dengan kemudahan dan kecepatan input datanya ini, sistem kasir POS bisa mengurangi waktu antri pembayaran dan mengurangi jumlah karyawan yang dibutuhkan.

Mengakses Data Penjualan di Mana Saja

Semua transaksi penjualan yang tercatat di sistem POS secara otomatis tersimpan di cloud. Sehingga pengguna memiliki sejarah transaksi sebagai bukti penjualan.

Pengguna juga bisa menghitung margin dan pajak dari produk-produk yang terjual. Beberapa sistem juga memiliki fitur potongan diskon untuk produk tertentu secara otomatis.

Baca Juga: 5 Tips Bersaing di Industri FMCG yang Senantiasa Bergerak Dinamis

Sementara itu, semua proses kasir ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Dengan kelebihan ini, sebagai pemilik bisnis, Anda bisa mengontrol bisnis meski sedang tidak berada di tempat.

Lebih Mudah Mengontrol Stok

Sumber: volusion.com

Sistem POS seringkali dibekali fitur manajemen inventory. Fitur ini memungkinkan sistem mengidentifikasi item atau produk yang paling banyak terjual.

Dengan demikian, Anda bisa segera mengisi stok kembali. Beberapa sistem bahkan sudah terkoneksi dengan supplier, sehingga pada saat produk habis, secara otomatis sistem akan melakukan order ke supplier.

Sistem Kasir POS untuk Operasional Karyawan

Sumber: genhq.com

Beberapa sistem POS sudah dibekali dengan fitur time clock functionality. Sistem ini membuat sistem mengenali setiap kasir atau karyawan toko mengoperasikannya saat itu. Dengan fitur ini, Anda sebagai pemilik bisnis bisa memantau kinerja karyawan terkait dengan manajemen operasional bisnis Anda.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, tidak heran jika sistem kasir POS saat ini diminati oleh banyak pemilik bisnis. Apalagi aplikasinya mudah didapatkan dan cukup tejangkau dari sisi biaya operasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here