Ini Manfaat Teh Hijau dan Caranya Menurunkan Berat Badan

Jika Anda penggemar teh, maka Anda termasuk di antara banyak orang lain di dunia ini yang menyukai dan tengah menikmati manfaat positifnya. Apalagi jika Anda lebih menyukai teh hijau, banyak penelitian yang tidak meragukan manfaat teh hijau yang sangat luar biasa ini.

Meskipun teh hitam adalah yang paling populer — yang mana mereka menyumbang sekitar 84 persen dari semua teh yang dikonsumsi — teh hijau kini dilaporkan menjadi komoditas yang tumbuh pada volume yang jauh lebih tinggi daripada teh hitam. Dugaannya tidak lain adalah karena manfaat teh hijau terutama untuk membantu menurunkan berat badan. Nah, berikut ini hal yang perlu tahu tentang manfaat teh hijau dalam menurunkan berat badan:

Sumber: AllAbout-Japan.com
  • Mengapa Teh Hijau dapat Menurunkan Berat Badan? Teh hijau memiliki kandungan flavonoid dan kafein yang nyatanya dapat membantu meningkatkan laju metabolisme, meningkatkan oksidasi lemak dan bahkan meningkatkan aktivitas insulin. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau dan kafein kehilangan rata-rata 2,9 pound selama periode 12 minggu, selama mereka juga tetap menjaga asupan makanan mereka. Studi lain juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan output kalori sama dengan sekitar 100 kalori selama periode 24 jam bagi mereka yang rutin konsumsi teh hijau.

Baca Juga: Teh Hitam vs Teh Hijau, Mana yang Terbaik?

  • Faktanya, Anda tidak perlu minum banyak teh hijau untuk membantu menurunkan berat badan. Efek penurunan berat badan berkat teh hijau umumnya bervariasi. Para peneliti sepakat bahwa mengonsumsi minimal 2,5 cangkir gelas per hari akan memberikan efek luar biasa untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.
  • Beberapa jenis teh hijau juga dinilai lebih baik untuk menurunkan berat badan. Jika Anda menganggap semua jenis teh hijau sama saja dalam memberikan efek menurunkan berat badan, maka Anda salah. Anda dapat merasakan manfaat matcha yang ternyata lebih bagus. Matcha adalah sumber teh hijau yang paling kaya akan nutrisi dan antioksidan. Ahli diet asal Amerika Serikat, Isabel K Smith menjelaskan bahwa matcha memiliki manfaat yang lebih tinggi sebab seluruh daun ditumbuk dan dikonsumsi sebagai bagian dari minuman, berbeda dengan jenis teh hijau lainnya di mana daunnya hanya direndam dan kemudian tehnya dikonsumsi.
Sumber: Travel Kompas
  • Ada cara yang metode yang benar dan salah dalam menyeduh teh hijau. Saat menyeduh teh hijau, berhati-hatilah, karena air mendidih buruk bagi katekin (bahan kimia yang sehat dari teh hijau). Didihkan air tetapi diamkan dulu selama sepuluh menit. Kemudian, tuangkan air di atas teh dan seduh sekitar satu menit sebelum disajikan. Dengan begini, manfaat teh hijau akan jauh lebih maksimal.
  • Teh Hijau juga punya manfaat lain. Kandungan nutrisi, termasuk antioksidan dan anti kanker serta beberapa senyawa yang menyehatkan otak. Konsumsilah setiap hari dengan cara yang benar, namun pastikan agar tidak menambahkan pemanis apapun ke dalamnya.

Baca Juga: Mau Berhenti Minum Kopi dan Beralih Minum Teh Hijau? Simak Manfaatnya di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here