Ini Nih! Manfaat Teh Hojicha yang Tak Kalah dengan Matcha

Popularitas matcha di tanah air memang tak perlu diragukan lagi. Matcha kerap diolah menjadi aneka makanan dan minuman yang menggugah selera dan bergizi. Namun, bagaimana dengan hojicha?

Sudahkah kamu mengenal manfaat teh hojicha?

Faktanya, manfaat teh hojicha tidak kalau dengan matcha atau teh hijau biasa. Ulasan berikut ini akan menambah wawasan kamu seputar teh istimewa asal Jepang ini.

Apa Sih Teh Hojicha Itu?

Sama seperti matcha, hojicha adalah bagian dari tanaman teh hijau. Grade tertinggi teh hijau biasanya dikelompokkan menjadi dua produk, yaitu gyokuro dan matcha. Sedangkan hojicha adalah grade paling rendah yang didapat saat proses panen berakhir.

Untuk meningkatkan kualitas rasanya, hojicha akan disangrai dalam pot keramik. Hasil sangrai tersebut menjadi hojicha yang siap konsumsi dan siap diolah menjadi bahan dasar makanan dan minuman.

Bukan hanya manfaat teh hojicha yang kini digandrungi banyak orang. Aroma menenangkan dengan sedikit sensasi smoky juga menjadi ciri khas hojicha bila dibandingkan dengan matcha. Selain itu, hojicha juga memiliki kadar kafein yang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh kamu yang sensitif terhadap kafein.

Baca Juga: Yuk, Mengulik Kandungan Gizi Gula Aren dalam Es Kopi Susu Kekinian!

Mengenal Beragam Manfaat Teh Hojicha

Setelah mengetahui beragam manfaat teh hojicha berikut ini, kamu pasti tak akan ragu mengonsusminya secara rutin:

  • Hojicha efektif mendukung proses detoks karena kandungan alaminya mampu menghilangkan racun kimia dan logam berat dalam tubuh.
  • Mengandung antioksidan alami yang berfungsi menangkal dampak buruk sinar UV dan radikal bebas yang masuk ke tubuh.
  • Meminimalkan risiko penyakit kanker.
  • Mengandung asam amino L-theanine yang memberikan efek rileks pada tubuh tanpa menyebabkan kantuk.
  • L-theanine dalam hojicha juga akan menstimulasi sekresi hormon dopamin dan serotonin yang ampuh membangkitkan mood, semangat, dan konsentrasi.

Beragam Cara Penyajian Teh Hojicha

Manfaat teh hojicha kini disajikan dengan cara yang lebih variatif. Idealnya, teh hojicha diseduh dengan air panas bersuhu 79 hingga 85 derajat Celcius selama 30 hingga 90 detik.

Namun, sekarang hojicha juga digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat es krim, minuman yang dicampur susu (latte), dan beragam sajian menarik lainnya. Bukan mustahil bila nanti popularitas hojicha akan sejajar dengan matcha dan jenis minuman populer lainnya.

Jadi, sudahkah kamu mencicipi dan mendapatkan manfaat teh hojicha?

Yuk, nikmati aneka olahan teh hojicha yang sehat dan nikmat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here