Manfaat Tidak Mudik Lebaran di Masa Pandemi. Jangan Sedih Ya!

Pemerintah memperketat aturan mudik pada lebaran 2021. Peraturan tersebut diatur dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021. Masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak diharuskan menunda mudik pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Meskipun peraturan tersebut terasa berat bagi orang-orang yang punya kampung halaman, sebenarnya ada beberapa manfaat tidak mudik yang bisa didapatkan.

Apakah kamu termasuk orang yang tidak bisa mudik tahun ini?

Jangan sedih dulu karena kamu bisa mendapatkan manfaat tidak mudik berikut ini:

Menjaga Kesehatan Diri Sendiri dan Keluarga

Manfaat tidak mudik pertama yang bisa kamu dapatkan adalah kesehatan yang terjaga. Tidak mudik bukan hanya membuatmu tetapsehat hingga libur lebaran usai, tetapi juga turut menjaga kesehatan keluarga besar dan kerabat lain di kampung halaman.

Jika kamu mudik, mungkin kamu pergi dalam keadaan sehat tetapi tertular COVID-19 selama menempuh perjalanan. Akibatnya, risiko penyebaran COVID-19 di kampung halaman pun jadi makin besar saat kamu tiba di tempat tersebut.

Baca Juga: Tips Sederhana Lebaran di Rumah meski di Tengah Pandemi Covid-19

Manfaat Tidak Mudik Menghemat Pengeluaran

Bukan rahasia lagi bila manfaat tidak mudik juga membantumu menghemat pengeluaran. Kamu tak perlu menyiapkan biaya transportasi dan biaya hidup selama berada di kampung halaman.

Sebagai gantinya, kamu hanya perlu menyisihkan rezeki untuk mengirim buah tangan atau tunjangan hari raya (THR) ke kampung halaman. Sisa THR yang kamu dapatkan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting.

Mempererat Hubungan dengan Tetangga dan Sahabat

Tak perlu kecewa berlebihan kalau belum bisa mudik pada lebaran tahun ini. Justru manfaat tidak mudik bisa mempererat hubungan dengan tetangga dan sahabat. Kamu bisa merencanakan acara seru dengan tetangga dan sahabat di hari lebaran.

Aktivitas tersebut tentu tidak pernah kamu lakukan bila selalu mudik pada tahun-tahun sebelumnya. Momen lebaran seru bersama tetangga dan sahabat harus dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, ya.

Menikmati Waktu Istirahat Secara Maksimal

Mudik tentu membuat waktu istirahatmu berkurang karena harus menempuh perjalanan serta bersilaturahmi dengan keluarga besar. Kamu juga akan mudah lelah sepulang mudik karena mesti membersihkan seisi rumah.

Manfaat tidak mudik akan membuatmu menikmati waktu istirahat secara maksimal. Rasa lelah bekerja akan berangsur-angsur hilang jika kamu beristirahat beberapa hari saat libur lebaran.

Memiliki Waktu untuk Meningkatkan Kualitas Diri Sendiri

Salah satu manfaat tidak mudik yang juga bisa kamu dapatkan adalah ketersediaan waktu untuk meningkatkan kualitas diri sendiri. Selama libur lebaran, kamu bisa belajar hal-hal baru, menekuni hobi yang sudah lama ditinggalkan, atau melakukan eksplorasi terhadap hal menarik di sekitarmu. Masa libur lebaran tak akan membosankan bila kamu sudah merencanakan kegiatan bermanfaat meskipun tidak mudik.

Semoga kamu lebih bijak menyikapi peraturan untuk tidak mudik pada lebaran tahun ini, ya. Sehingga kamu bisa merasakan manfaat tidak mudik secara maksimal bagi diri sendiri maupun keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here