Kabar Baik! Manfaat Tomat Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan, Lho

Kabar Baik! Manfaat Tomat Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan, Lho
Sumber: Lifealth

Apakah Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan? Apakah Anda sudah melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal? Menurut National Institute of Health, menghindari lemak trans, mengonsumsi lebih sedikit produk olahan, mengurangi jumlah gula rafinasi, dan membatasi lemak jenuh bisa membantu mendapatkan berat badan ideal. Anda pun bisa memilih metode mudah, yaitu dengan mengonsumsi tomat. Dan berikut adalah manfaat tomat untuk membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Tomat untuk Membantu Mendapatkan Tubuh Ramping

tomat

Alasan Makan Tomat Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa alasan kenapa makan tomat dapat mendukung usaha Anda untuk mendapatkan berat badan ideal, yaitu:

  • Tomat memiliki kalori rendah. Tomat adalah jenis makanan rendah kalori. Dalam 1 buah tomat kecil mengandung 16 kalori. Jadi, bila Anda mengonsumsi 2 tomat, Anda masih mengonsumsi kurang dari 50 kalori. Saat asupan kalori lebih rendah, Anda akan bisa membakar lemak lebih cepat dibandingkan kalori yang tersimpan sebagai lemak.
  • Tomat memiliki kandungan serat tinggi. Dalam 1 cup tomat diketahui mengandung 2 gram serat tidak larut dan 0,2 gram serat larut. Kedua jenis serat ini memainkan peranan penting untuk menurunkan berat badan. Serat terlarut dalam lemak ini akan membentu senyawa seperti gel dalam usus besar, di mana ini akan bertindak sebagai sumber makanan untuk bakteri baik. Kondisi ini pun dapat membantu menurunkan penyerapan lemak hingga meningkatkan rasa kenyang. Sementara serat tidak larut akan mengikat molekul lemak untuk mencegah penyerapannya.
  • Mampu meningkatkan metabolisme. Manfaat tomat untuk menurunkan berat badan juga terkait dengan kebaikannya untuk meningkatkan metabolisme. Diketahui bila mengonsumsi jus tomat dapat meningkatkan metabolisme lemak dengan menginduksi ekspresi gen yang terlibat dalam oksidasi asam lemak. Kondisi ini pun telah dikonfirmasi oleh ilmuwan. Bahkan, ilmuwan menemukan bila mengonsumsi jus tomat dapat meningkatkan jumlah kalori yang diperlukan oleh tubuh saat istirahat dan juga mengurangi tingkat gliserida dalam tubuh.
  • Tomat kaya antioksidan. Tomat diketahui kaya likopen, yaitu antioksidan penting yang dapat membantu melawan radikal bebas berbahaya. Oksigen radikal ini dapat mengubah struktur DNA dan menciptakan keadaan stres dalam tubuh. Hal ini pun memicu respon stres hingga menyebabkan akumulasi lemak dan kenaikan berat badan. Manfaat tomat bila dikonsumsi secara teratur pun dapat mengurangi stres oksidatif hingga efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Tak Banyak Diketahui, Inilah 5 Manfaat Luar Biasa Buah Semangka!

Apakah Hanya dengan Makan Tomat Dapat Menurunkan Berat Badan?

Tentu saja tidak! Hanya makan tomat tidak akan membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan. Yang perlu Anda tahu adalah tidak ada makanan yang bisa melakukan hal tersebut. Untuk bisa berhasil, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga karena keduanya berjalan beriringan.

Dengan 70 persen makanan sehat dan 30 persen olahraga, Anda bisa berhasil. Plus, membakar lebih banyak kalori dari yang Anda makan juga sangat penting. Tanpa keduanya, mustahil bagi Anda untuk mendapatkan berat badan ideal. Jadi, makan tomat atau jenis makanan lain hanya membantu memperlancar tujuan tersebut.

Bagaimana Mengonsumsi Tomat Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Untuk tujuan ini, Anda dapat menambahkan tomat pada salad untuk menambah tekstur dan rasa; menikmati jus tomat tanpa gula atau smoothies dari tomat tanpa gula; mengkombinasi tomat dan sayuran lain; menjadikan semangkuk tomat dan sari jeruk nipis sebagai camilan; atau mengkombinasikan tomat, mentimun dan chicken sandwich untuk makan siang. Selain itu, jangan pernah lupa untuk berolahraga agar tujuan penurunan berat badan berjalan lebih efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here