Sudah Tahu Manfaat Vitamin C untuk Kulit Kamu? Ini Penjelasannya!

Banyak orang menggunakan vitamin C untuk perawatan kulit tanpa mengetahui manfaatnya. Untuk hampir semua masalah kulit umum, solusi yang disarankan biasanya vitamin C. Nah, untuk lebih mengetahui lebih dalam tentang manfaat vitamin C untuk kulit, artikel berikut ini akan menjelaskannya:

Apa Itu Vitamin C?

Menyakut tentang perawatan kulit, vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas. Karena sifat antioksidannya, vitamin C membantu proses regenerasi alami kulit dan memerbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Begitu juga bila kamu mengkonsumsi makanan kaya antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, seperti membantu kerusakan kulit akibat sinar UV dan paparan polusi udara.

Dengan kata lain, antioksidan membantu menjaga kesehatan tubuh dan sel-sel kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu menjaga tanda-tanda penuaan dini.

Manfaat Vitamin C Lainnya bagi Kulit

Antiokidan yang terkandung dalam vitamin C memiliki banyak sifat penyembuhan kulit. Jadi, pastikan vitamin C selalu tersedia di lemari perawatan kulitmu.

Pertama, karena sangat asam, ketika vitamin C digunakan secara topical, kulit dipicu untuk menyembuhkan dirinya sendiri dengan mempercepat produksi kolagen dan elastin.

Kolagen dan elastin merupakan serat protein alami yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang. Jadi, dalam membantu meningkatkan produksi kolagen, vitamin C topikal dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

Vitamin C mengandung zat yang menghambat produksi melanin kulit, yang menyebabkan perubahan warna kulit seperti bintik hitam dan hiperpigmentasi.

Dengan penggunaan topikal yang berkelanjutan, vitamin C dapat membantu mencegah terbentuknya bintik-bintik hitam. Vitamin C adalah perawatan kulit unggul yang bekerja untuk memudarkan bintik-bintik coklat tanpa mengubah pigmentasi kulit normal.

Baca Juga: Waspada! Ini Dia Sederet Bahaya Kelebihan Vitamin C

Bagaimana Cara Menambahkan Vitamin C untuk Rutinitas Perawatan Kulit Harian?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari vitamin C, maka istilah yang harus dicari adalah asam askorbat atau dikenal juga sebagai asam L-askorbat. Asam askorbat merupakan vitamin C paling stabil dan efektif dalam perawatan kulit, serta terbukti paling efektif menembus penghalang kulit.

Sedangkan perawatan kulit vitamin C terbaik untuk digunakan adalah serum. Ini karena serum lebih efektif daripada krim atau toner. Efektivitas vitamin C juga meningkat ketika dikombinasikan dengan antioksidan lain, seperti vitamin E karena dapat menggandakan perlindungan terhadap kerusakan akibat radikal bebas

Sebagai aturan umum, serum harus digunakan sebelum pelembab. Untuk pemakaiannya sendiri, kamu bisa memulai dengan konsentrasi rendah dan meningkatkan konsentrasinya sehingga kulit menjadi terbiasa dengan bahan tersebut.

Siapa yang Harus Menghindari Vitamin C?

Mereka yang memiliki kulit sensitif mungkin memiliki alergi atau kemerahan dari menggunakan vitamin C. Jika kamu cenderung memiliki kulit sensitif, ia menyarankan untuk memulai dengan konsentrasi yang lebih rendah dan juga mencoba untuk mengetesnya terlebih dahulu di area kulit tertentu untuk memastikan tidak ada alergi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here