Tidak Percaya Diri karena Bau Badan? Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Tidak Percaya Diri Karena Bau Badan? Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Sumber: Thecherryshare

JOB-LIKE – Anda pasti tahu bila ada beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan bau badan. Dan tahukah Anda? Makanan yang terakhir kali Anda makan dapat tercium di sekitar rumah Anda dan bahkan hal tersebut bisa membuat aroma tubuh Anda berubah, seperti ketika Anda mengonsumsi asparagus. Menurut George Preti, PhD, dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, sebagian besar bau badan terjadi karena interaksi bakteri kulit dengan sekresi pada area tubuh tertentu. Sedangkan menurut John Swartzberg, MD, dari University of California Berkeley, makanan tertentu juga dapat menjadi penyebab. Dan berikut paparan lengkapnya untuk Anda.

Jenis Makanan yang Dapat Menyebabkan Bau Badan

1. Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih yang dimakan akan terserap dalam sistem peredaran darah dan kemudian masuk paru-paru. Selanjutnya akan keluar dari napas, urin, dan keringat. Mengunyah atau bahkan memotong bawang putih dapat melepaskan enzim yang terurai menjadi senyawa hingga membentuk allicin. Allicin akan terpecah dalam tubuh hingga menyebabkan bau busuk yang cukup lama. Lalu, bagaimana cara mengatasi bau badan karena bawang putih? Anda dapat minum susu, baik setelah atau sebelum makan makanan yang mengandung bawang putih untuk mengembalikan kesegaran.

2. Bawang Merah

Bawang merah seringkali jadi ‘tersangka’ atas masalah bau badan yang sedang Anda hadapi karena saat disantap, bawang merah akan terpecah menjadi senyawa sulfur. Menurut Preti, beberapa senyawa sulfur yang mudah menguap memiliki pengaruh bau yang cukup tinggi dan dapat dideteksi pada konsentrasi yang sangat rendah. Dan parahnya, terkadang sulit untuk membedakan bau bada atau mulut akibat bawang putih atau bawang merah.

Baca Juga: Masih Punya Masalah Bau Badan? Segera Hentikan Kesalahan saat Memakai Deodoran Ini

3. Sayuran dari Keluarga Kubis

Sumber: bukalapak

Menurut Kristen Smith, RDN, juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran seperti bok choy, brokoli, kubis, dan Brussels sprouts juga memiliki kandungan sulfur tinggi. Ada banyak bukti yang menyatakan bila sayuran ini berkontribusi pada bau badan melalui napas, keringat, dan kentut. Terlepas dari itu semua, ada banyak argumen untuk mengonsumsi jenis sayuran tersebut karena mengandung tinggi serat, beta karotin, vitamin C, E, K, dan folat.

4. Daging

Jenis makanan yang juga perlu dibatasi saat mengonsumsinya karena dapat menimbulkan bau badan adalah daging merah. Dalam sebuah studi kecil, peneliti mengacak kelompok berjumlah 17 pria yang makan daging atau tidak makan daging selama 2 minggu. Selanjutnya, wanita diminta untuk menganalisa bau badan pria dari ketiak pada akhir sesi. Hasilnya mengatakan bila bau badan pria yang mengikuti pola makan vegetarian lebih menarik dan menyenangkan.

5. Alkohol

makan malam alkohol

Tidak dapat dibantah lagi bila jumlah tertentu dari alkohol dapat terdeteksi dari napas Anda. Yang tidak Anda tahu adalah bahwa alkohol juga dapat keluar melalui keringat. Menurut Dr. Swartzberg, alkohol dimetabolisme dalam liver dan dipecah menjadi asetaldehid yang akan melewati paru dan napas, sekaligus pori kulit.

6. Ikan

Manfaat Kesehatan Bila Mengonsumsi Ikan Tiap Hari. Yuk, Mulai Perbanyak Makan Ikan Dari Sekarang
Sumber: Inlifehealthcare

Jenis ikan tertentu membawa aroma tajam, setidaknya ketika ikan tersebut dikeluarkan dari dalam air. Namun, apakah ikan-ikan tersebut dapat memengaruhi bau badan manusia ketika dikonsumsi? Sepertinya begitu, paling tidak pada orang-orang dengan gangguan genetik yang dikenal sebagai trimetilaminuria. Ini adalah sebuah kondisi kesalahan metabolisme bawaan ketika tubuh seseorang tidak dapat memecah jenis protein tertentu, termasuk asam amino yang diberi nama trimetilamin, di mana ini diproduksi dalam usus ketika tubuh mencerna makanan jenis ikan dan telur. Hal tersebut seperti yang diungkapkan dalam Genetic and Rare Diseases Information Center. Karena tumpukan trimetilamin, akhirnya senyawa tersebut melewati urin dan Anda dapat menciumnya dari napas dan keringat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here