Masalah Jaringan Internet Jadi Kendala Wajib Pajak Lapor SPT Lewat E-Filing

E-Filing
Sumber: Detik

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementrian Keuangan (Kemenkeu) meminta masyarakat wajib pajak (WP) menggunakan fasilitas e-filling untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan Pajak Penghasilan (PPh). Tercatat hingga saat ini, pengguna pajak sudah mencapai 2 juta orang.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Ditjen Pajak, Mekar Satria mengaku, meskipun ada peningkatan pengguna dari tahun lalu, ternyata tetap saja ada keluhan yang datang dari Wajip Pajak (WP). Salah satu keluhan yang diutarakan adalah jaringan internet.

“Keluhan paling banyak saat ini adalah keluhan di jaringan internet,” tuturnya ketika ditemui media.

Keluhan yang diutarakan terkait jaringan internet adalah ketika WP berniat untuk mengakses EFIN (Electronic Filling Identification Number). Efin ini merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak kepada wajib pajak untuk menggunakan e-Filing.

Terkait gangguan tersebut, Wajib Pajak kemudian bertekat untuk menyampaikan keluhan melalui call center dan datang langung ke kantor pajak.

“Jadi untuk akses ke dalam EFIN. Kadang-kadang itu sangat lama sekali. Itu harus selalu kita evaluasi,””terang Mekar.

Mekar beralasan bahwa persoalan jaringan internet memang di luar kendali pihaknya. Namun, meski demikian secara langsung pihak Ditjen Pajak telah menyampaikan permohonan maaf kepada WP.

“Secara teori seharusnya bisa, tapi namanya jaringan internet kita tetap mengupayakan sebaik mungkin,” tuturnya.

Sementara itu masa pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan Pajak Penghasilan (PPh) untuk tahun pajak 2015 tinggal tersisa dua pekan lagi. Bagi para masyarakat yang merupakan Wajib Pajak (WP) yang belum melaporkan SPT, diharapkan segera memenuhi kewajibannya.

Pada beberapa tahun sebelumnya, jelang penutupan pelaporan SPT, kantor pajak selalu beroperasi ketika hari libur dan Sabtu-Minggu. Namun, hal tersebut tidak diberlakukan lagi pada tahun ini.

“Jadi sekarang pada waktu Sabtu-Minggu nggak buka lagi kantor pajak,” lanjutnya.

Sedangkan untuk hari biasa, kantor pajak saat ini akan tetap buka seperti biasa. Kantor pajak, Buka sampai jam 5 sore. Namun, jika ada WP yang ingin menyerahkan SPT lebih dari jam tersebut tetap bisa diterima.