5 Masalah Keuangan yang Seringkali Menjadi Awal Keributan Rumah Tangga

keributan rumah tangga

Hidup dalam rumah tangga tak hanya berlandaskan kata cinta dan sayang saja, namun harus didukung dengan rasa hormat dan saling percaya dalam keharmonisan rumah tangga, tak terkecuali dengan uang. Tak hanya menghancurkan hubungan rumah tangga saja, uang pun nyatanya bisa saling membunuh satu sama lain. Harus diakui bahwa uang memiliki peran penting dalam kehidupan, di mana tanpa uang kita tidak bisa hidup. Tak peduli seberapa banyak uang yang kita miliki, hal ini kerap menjadi salah satu faktor pemicu keributan rumah tangga. Dilansir dari laman Times of India, berikut adalah masalah keuangan yang sering menjadi keributan antar pasangan suami istri.

5 Masalah Keuangan yang Menjadi Pemicu Keributan Rumah Tangga

1. Memiliki Harapan yang Tak Realistis

Berdamai
Sumber: infonitas

Setiap orang pasti memiliki banyak harapan, begitu pula mereka yang baru saja menjalani pernikahan. Banyak harapan besar yang masuk dalam perencanaan usai menikah. Namun ketika mereka sudah terjun di dalamnya, semua harapan tersebut bisa tidak berjalan sesuai keinginan. Ada banyak pengeluaran yang tak terduga, hingga menjadi beban pikiran yang pada akhirnya menjadi konflik rumah tangga.

Baca Juga: Cara Mencegah dan Mengurangi Stres Akibat Bencana Finansial dalam Mengatur Keuangan

2. Gaya Hidup

Di saat pacaran, mungkin Anda sudah terbiasa diberi bunga, cokelat dan kejutan menarik lainnya. Tapi usai menikah, semua kejutan yang Anda dapat saat pacaran sudah jarang dapat Anda temukan. Hal ini dikarenakan suami harus menanggung penuh seluruh biaya hidup rumah tangga. Tak heran hal ini akan memicu pertengkaran, karena ini merupakan salah satu perubahan yang mengejutkan bagi wanita.

3. Menyalahkan Pasangan

suami istri bertengkar

Sedikit atau banyak, setiap orang pasti akan memiliki masalah dalam kehidupan. Hal ini juga terjadi ketika Anda terjebak dalam masalah keuangan. Seringkali kita akan menyalahkan pasangan kita. Sebab, salah satu pihak bergantung pada keuangan pasangannya.

4. Membandingkan dengan Orang Lain

Membandingkan gaya hidup orang lain, akan membuat masalah keuangan semakin terasa sulit. Ketika Anda melihat teman membeli mobil baru dan mengunggahnya ke media sosial, masalah ini dapat menimbulkan rasa kecemburuan yang besar. Hal ini juga bisa menyebabkan kebencian atau depresi, memikirkan bagaimana kekurangan uang dapat membatasi Anda untuk menikmati hidup sepenuhnya.

5. Tak Berbagi Tanggung Jawab Keuangan

Diskusikan! 4 Masalah Keuangan Ini Sering Dihadapi Pasangan yang Sudah Menikah
Sumber: Kiplinger

Ketika pasangan suami istri bekerja, tentunya dapat berbagi tanggung jawab keuangan. Tapi, bagaimana jika Anda terlahir sebagai seorang wanita yang percaya akan sebuah statement, “Seorang pria harus mencukupi istrinya”? Inilah yang menyebabkan beberapa gadis pada akhirnya tidak mau memikul tanggung jawab finansial. Dan apabila pada masa-masa sulit, hanya ada satu orang yang melawan “hantu” finansial, tak heran jika pasangan tersebut akan mengalami perselisihan.

Beri Komentar Anda

komentar