Rekan Kerja Bau Badan, Bagaimana Cara Terbaik Memberitahu Hal Ini?

Bukan hanya penampilan menarik saja yang dibutuhkan di dunia kerja. Karyawan yang berpenampilan menarik juga harus memperhatikan kebersihan diri sendiri. Berinteraksi dengan rekan kerja bau badan memang terasa sangat mengganggu. Atau mungkin kamu sendiri yang pernah mengalami bau badan?

Jangan menyerah dan emosi dulu saat harus berhadapan dengan bau badan. Lakukan beberapa hal ini bila kamu ingin memberitahu tentang masalah pribadi tersebut:

Mengukur Keakraban dengan Rekan Kerja

Keakraban kamu dan rekan kerja tentu mempengaruhi keterbukaan satu sama lain. Bila rekan kerja yang bermasalah dengan bau badan tergolong teman akrab di kantor, kamu tak perlu terlalu segan saat ingin menyampaikan masalah bau badannya.

Sebaliknya, kamu justru harus pikir-pikir dulu bila tidak terlalu akrab dengan rekan kerja tersebut. Jangan sampai hubungan kamu dan rekan kerja jadi merenggang karena kamu jujur soal bau badan.

Baca Juga: Pssst! Jangan-Jangan Selama Ini Kamu Pelaku Microaggression di Kantor

Harus Berbicara Empat Mata

Urusan bau badan memang masalah sensitif yang berkaitan dengan pribadi seseorang. Jadi, kamu harus menemukan sikon yang tepat bila ingin memberi tahu teman sekantor yang memiliki bau badan. Usahakan agar pembicaraan tersebut dilakukan secara empat mata agar tak ada orang lain yang mendengar.

Dengan demikian, rasa malu rekan kerja bisa diminimalkan ketika membahas masalah yang satu ini. Kamu pun telah membantu menjaga harga diri rekan kerja di lingkungan profesional.

Mendengarkan Cerita dengan Seksama

Rekan kerja bau badan yang merasa nyaman berteman dengan kamu kemungkinan besar tak akan segan menceritakan masalahnya. Misalnya, ternyata rekan kerja kamu adalah orang yang takut air atau memang bermasalah dengan bau badan sejak puber.

Jangan memotong ceritanya saat kamu sedang mengobrol dengannya. Jadi, dengarkan dengan seksama agar rekan kerja kamu merasa nyaman dan tidak tersinggung dengan sikapmu.

Memberikan Berbagai Solusi

Menyampaikan keluhan tentang bau badan saja ternyata tak cukup. Sebaiknya kamu membantu rekan kerja bau badan dengan cara menawarkan berbagai solusi.

Ada banyak solusi ampuh yang bisa dilakukan untuk menuntaskan masalah bau badan, misalnya menggunakan deodoran, bedak ketiak konvensional, atau membersihkan ketiak dengan air kapur sirih. Tawarkan beberapa solusi ampuh kepada rekan kerja demi membantunya mengatasi masalah pribadi tersebut.

Bila berhasil mendekati teman sekantor yang memiliki masalah bau badan dan memberitahu tentang masalah pribadi, jangan lupa dampingi rekan tersebut untuk mengatasi bau badan secara tepat. Nanti, kamu dan rekan-rekan kerja lainnya tak akan terganggu lagi dengan bau tak sedap selama beraktivitas di kantor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here