Masih Bingung Melamar Kerja yang Mana? Jawab Pertanyaan-Pertanyaan Berikut

bingung melamar pekerjaan
Sumber : dreamstime

JOB-LIKE – Anda membutuhkan pekerjaan, sama seperti semua orang. Namun, mungkin tak sama dengan beberapa orang yang sudah pasti dengan jalur karir mereka, di mana Anda masih benar-benar tersesat. Ada berbagai pilihan di hadapan mata dan Anda tak tahu harus memulai dari mana. Anda pun hanya mematung, masih belum melangkah seperti orang-orang lainnya. Apakah ini merupakan bencana? Kabar baiknya, memiliki masalah ini ternyata merupakan hal yang baik. Daripada sekadar menceburkan diri Anda ke dalam sebuah karir yang tidak Anda ketahui dan sukai begitu saja, lebih baik Anda merenunginya dulu jika bingung melamar kerja seperti apa. Dengan benar-benar memikirkannya secara menyeluruh, Anda jadi mengetahui apa yang akan membuat Anda bahagia.

Karena itu, ketika bingung melamar kerja, jawablah dulu hal-hal berikut ini.

Tanyai Diri Anda Hal-Hal Ini ketika Bingung Melamar Kerja

“Keahlian apa yang saya tawarkan?”

Tentu saja, Anda harus berkualifikasi dalam melamar pekerjaan apa pun yang Anda inginkan. Karena, menginginkan sebuah pekerjaan saja tidak cukup, Anda harus benar-benar bisa memenuhi sebagian besar persyaratannya untuk bisa berkesempatan mendapatkan undangan wawancara.

Jadi jika bingung melamar kerja yang mana, titik pertama yang harus Anda mulai adalah memikirkan dengan baik-baik keahlian apa yang Anda miliki. Baik sesuatu yang telah Anda sempurnakan melalui kesempatan-kesempatan bekerja yang sebelumnya atau sesuatu yang secara alamiah selalu dipuji dari Anda, yang jelas temukanlah kelebihan Anda yang membuat Anda memiliki nilai plus.

Langkah pertama yang sederhana ini akan sangat membantu ketika Anda bingung melamar kerja karena Anda jadi bisa menyempitkan pencarian Anda dan hanya berfokus pada apa yang cocok bagi Anda. Anda pun bisa mengabaikan berbagai pekerjaan lain yang tidak relevan bagi Anda.

Baca Juga: Ini yang Perlu Anda Lakukan saat Melamar Kerja untuk Mendapat Panggilan Wawancara

“Lingkungan seperti apa yang saya bayangkan sebagai lingkungan kerja ideal?”

berpikir ke depan

Anda mungkin mengira bahwa sebuah pekerjaan adalah pekerjaan. Namun sebenarnya, ada bermacam-macam lingkungan dan budaya kerja di luar sana. Dan jangan salah, atmosfer tempat kerja Anda bisa memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap seberapa nyaman dan cintanya Anda dengan pekerjaan Anda.

Jadi, jika Anda masih bingung melamar kerja seperti apa, pertimbangkan pula faktor lingkungan kerja. Mungkin Anda ingin menjadi bagian dari sibuk dan cepatnya tempo startup? Atau, apakah Anda lebih suka dunia korporasi yang terstruktur? Atau, apakah justru Anda lebih suka mengerjakan sesuatu yang ada di lapangan karena Anda benci berada di dalam ruangan?

Setiap orang menyukai sesuatu yang berbeda. Jadi, pastikan Anda meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang paling baik bagi Anda. Ini adalah satu lagi bagian dari kriteria yang bisa membantu Anda menghilangkan beberapa pilihan ketika Anda bingung melamar kerja yang mana.

“Apa yang ingin saya lakukan sepanjang hari kerja?”

berpikir masa depan

Bayangkan sebuah hari kerja tipikal masa depan Anda, seperti apakah idealnya? Banyak orang yang sayangnya mengabaikan hal ini ketika mencari kerja.

Jadi ketika Anda bingung mencari kerja seperti apa, pejamkan kedua mata Anda dan bayangkan, apa yang Anda lakukan sehari-hari di pekerjaan ideal Anda? Apa yang akan membuat Anda merasa puas, terpenuhi, dan sukses? Jika gambar yang jelas dengan segera muncul di kepala Anda, maka Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dan Anda sudah menemukan jalur karir idaman Anda.

Jangan takut jika masih bingung melamar kerja seperti apa. Lakukan proses di atas dan kirimkan lamaran untuk mendapat undangan wawancara. Setelah mengetahui lebih banyak informasi mengenai keinginan Anda dan kondisi industri yang sebenarnya, nantinya pun akan jadi lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here