Masih Misteri, Perihal Isi ‘Kotak Salad’ di Motor Ducati

Masih Misteri, Isi ‘Kotak Salad’ di Motor Ducati
Sumber: autosportfoto

Musim balapan ini Ducati menempatkan sebuah kotak di bawah ekor motornya. Karena isinya dirahasiakan, bos teknologi MotoGP, Corrado Cecchinelli, menebak apa isi dari kotak tersebut.

Ducati hadir dengan settingan baru pada motornya di musim balapan tahun ini. Baik di sisi mesin maupun di sisi tampilan motor. Di sisi tampilan, hal baru yang bisa disaksikan di motor Ducati adalah keberadaan sebuah kotak yang berada di atas ban belakang (di bawah ekor motor).

Keberadaan kotak tersebut terlihat pertama kali saat test rider Ducati, Michele Pirro, menjajal motor Ducati di sirkuit Sepang, Malaysia, pada Januari lalu.

Banyak pihak yang mengira isi dari kotak tersebut adalah perangkat elektronik motor. Namun hingga saat ini fungsi ataupun isi sebenarnya dari kotak tersebut masih dirahasiakan oleh pihak Ducati.

Pengontrol Suspensi di Motor Ducati?

Dilansir Crash, direktur teknologi MotoGP yakni Corrado Cecchinelli memperkirakan kotak misterius di motor Ducati tersebut berfungsi sebagai ‘damper’. Perangkat tersebut berfungsi menciptakan momentum saat motor melaju ke depan.

Dengan kata lain, damper berfungsi sebagai semacam ‘pengontrol suspensi’ sehingga bagian belakang motor tidak banyak bergerak saat berakselerasi.

Cecchinelli memastikan pula bahwa penggunaan damper tidak dilarang di ajang MotoGP. Namun Cecchinelli juga menyebutkan bahwa jika memang kotak tersebut adalah damper maka Ducati telah melakukan hal yang mubazir. Pasalnya tekonologi damper akan lebih efektif bekerja jika diterapkan di area sekitar shock breaker.

Pengontrol Suspensi di Motor Ducati
Sumber: fanpage

Dugaan lainnya, kotak misterius pada motor Ducati berfungsi sebagai gyroskop atau sistem penyeimbang. Untuk dugaan yang satu ini Cecchinelli juga tidak membantahnya meskipun belum bisa memberikan kepastian.

Dengan motor baru dan kotak misteriusnya tersebut, Ducati telah menghantarkan Andrea Dovizioso naik ke podium sebanyak empat kali. Catatan tersebut lebih banyak dibandingkan musim lalu. Hingga berakhirnya musim lalu Ducati hanya sekali saja menghantarkan pembalapnya naik ke atas podium di posisi nomor satu.

Entah apa isi dari kotak misterius di motor Ducati, yang jelas Michele Pirro sempat bercanda mengenai fungsinya. Pirro mengaku bahwa kotak tersebut adalah wadah salad, hot dog dan coca-cola yang bisa dinikmatinya kalau sewaktu-waktu lapar setelah menempuh sepuluh lap.

Baca Juga: Aprilia Ingin Rubah Desain Fairingnya Setelah Lihat Motor Ducati