Mau Jadi Sales Rekrutmen di Job-Like.com? Pahala Besar, Gaji “Seksi”

Leonardo Hamonangan (Sales Manager Job-Like.com, kiri) &Farizka Anton (Senior Business Development Manager Job-Like.com)

Duh, sudah kuliah tinggi, eh malah kerja jadi sales!

Pernahkah pikiran di atas terlintas di benak Anda? Terutama Anda yang baru saja terjun ke dunia kerja?

Profesi sales memang acap dilabeli sebagai pekerjaan yang kurang keren dibandingkan profesi lainnya. Boleh dibilang, sales identik dengan “pedagang asongan”. Itu karena tugas sales menjajakan produk atau jasa perusahaan kepada para konsumen.

Namun, tahukah besarnya peran sales dalam sebuah bisnis ataupun kehidupan sehari-hari? Sales memiliki kemampuan bernegosiasi yang jitu. Ini faktor penting dalam proses bisnis. Perusahaan sulit berkembang bila produk atau jasa mereka tidak bisa dikomunikasikan dengan baik kepada konsumen.

Selain itu, pernahkah Anda berpikir mengenai social impact dari profesi sales? Memang tak semua sales memberikan dampak sosial bagi konsumennya, tapi tak demikian bagi sales jasa di bidang rekrutmen.

Sales rekrutmen secara tidak langsung meningkatkan taraf hidup seseorang yang berhasil direkrut oleh klien mereka, yaitu perusahaan yang mencari kandidat kerja. Lho kok?

Ya, tahukah Anda, tidak sedikit pekerja yang mendapatkan kenaikan jabatan dan penghasilan tanpa harus mencari-cari lowongan pekerjaan sendiri. Ini berkat campur tangan sales rekrutmen yang mempertemukan pencari kerja dengan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan si pencari kerja.

Besarnya social impact ini membuat Leonardo Hamonangan bertahan menjalani profesinya sebagai sales rekrutmen selama delapan tahun. Dalam dua tahun terakhir, ia bergabung bersama Job-Like.com, sebuah portal pencari kerja yang juga menawarkan servis head hunting dan employer branding.

“Sebagai sales, ada kepuasan sendiri bisa memberikan layanan Job-Like untuk mempermudah proses rekrutmen. Apalagi kalau sampai ada yang di-hired. Bisa dibilang ini human trafficking dalam konteks positif, memberikan kehidupan yang lebih baik. Selain itu, gajinya juga ‘seksi’ loh,” ujar Leo, sapaannya, Sales Manager Job-Like.com.

Leo juga menikmati perannya yang turut meringankan beban Human Resource (HR) kliennya. Pasalnya, melalui servis head hunting Job-Like.com, HR tak perlu lagi menghabiskan waktu dalam menyortir ribuan kandidat untuk posisi di perusahaannya.

“HR biasanya kebanjiran kandidat hingga ratusan atau ribuan, mereka kesulitan dalam filtering CV setiap kandidat. Mungkin hanya beberapa persen CV yang sesuai kebutuhan, belum lagi setelah dipanggil interview ternyata banyak kandidat yang tidak datang.”

Job-Like.com “Tangan Kanan” HR

Proses menyortir kandidat terbaik memang merepotkan HR, terutama untuk menemukan profesi engineer yang banyak dibutuhkan industri saat ini. Oleh karena itu, Job-Like.com menjadi “tangan kanan” HR dalam menyortir kandidat yang tepat untuk menjalani proses wawancara.

Di tengah ketatnya persaingan pasar dewasa ini memang dibutuhkan bantuan pihak ketiga untuk menemukan kandidat berkualitas dalam kurun waktu singkat. Untuk itu, Job-Like.com menggaransi HR dalam mengirimkan kandidatnya kurun 1×24 jam.

Garansi 1×24 jam bukan sekadar pemanis bibir belaka. Job-Like.com mengedepankan kecepatan dan ketepatan kandidat dalam proses rekruter. Oleh karena itu, sosok sales yang dimiliki Job-Like.com memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni dalam menjaring kandidat kerja.

“Kami mengasih guarantee kecepatan mendapatkan kandidat dalam waktu 1×24 jam. Karena itu komunikasi sangat penting dalam proses kerja kami. Perlu diketahui, teknik sales tak hanya berguna untuk profesi jual-menjual seperti kami, tetapi juga penting untuk semua bidang pekerjaan,” tutur Farikza Antono, Senior Business Development Manager Job-Like.com.

Baca Juga: Bidikan Jitu Head Hunter, Bantu Perusahaan Kenali Potensi Kandidat

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga diamini dua sales rekrutmen baru Job-Like.com, Angie Ratih Desnaria dan Amal Rizaldy. Keduanya baru dua bulan berkecimpung di dunia rekrutmen. Meski demikian, solidnya tim sales Job-Like.com cukup membantu keduanya mendalami bisnis ini, terutama mengenai ilmu perekrutan dan strategi tepat dalam menghadapi klien.

Amal Rizaldy

Employeer Branding Account Manager Job-Like.com
“Sales yang baik itu apapun produknya mesti bisa dijual. Dulu saya jual media, sekarang lebih menjual yang berhubungan dengan HR. Sebagai sales, tidak ada perbedaan yang signifikan, hanya harus beradaptasi dalam hal pendekatan saja.”

Dukung Mereka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here