Maybank Asset Management Semakin Fokus Kembangkan Reksadana Syariah

maybank asset management
Sumber: akucintakeuangansyariah

Dengan meraup dana kelolaan sebesar Rp 663,47 miliar, Maybank Asset Management semakin mendalami industri reksadana syariah dan berencana akan menerbitkan dua produk terbaru.

Direktur Utama Maybank Asset Management yakni Denny R. Thaher, menuturkan bahwa perusahaan sudah menargetkan untuk menjadi manajer investasi  yang berkonsentrasi pada produk-produk reksadana dengan mengusung prinsip syariah.

“Inovasi pada produk-produk reksadana terus akan kami lakukan. Selepas Maybank Syariah Equity Fund, Maybank AsiaPac Syariah Equity USD akan kami luncurkan segera,” tutur Deny.

Tidak hanya itu saja, Maybank Asset Management tengah mematangkan dua jenis produk reksadana syariah yang lain yaitu reksadana dengan basis sukuk dan reksadana saham syariah.

Ketua Asosiasi Pengelola Reksadana Indonesia mengatakan, “target reksadana syariah akan menjadi leader di Indonesia. Hingga saat ini dana kelolaan syariah sekitar 35%, untuk kedepannya kami menginginkan syariah yang akan mendominasi.”

“Peluang industri reksadana syariah untuk berkembang masih terbuka dengan sangat lebar kedepannya. Hal itu didukung dengan jumlah investor reksadana diperkirakan baru 60.000 atau jika dipresentasikan sekitar 15% dengan total investor reksadana yang sudah mencapai 400.000 orang,” tutur Denny.

“Sejak tahun 2005, untuk rata-rata tingkat pertumbuhannya sekitar 10,7%, jadi potensi pertumbuhannya masih tinggi,” tambahnya.

Selain itu, Denny memberikan contoh para peminat investor pada produk reksadana Maybank Syariah Equity Fund tergolong sangat tinggi. Masa enam bulan setelah produk diluncurkan, dana kelolaan sebesar Rp615,9 miliar sudah dikantongi oleh produk yang satu ini

Dengan demikian, untuk perkembangan pasar reksadana syariah masih memiliki kendala. Tingkat literasi masyarakat Indonesia tentang investasi dan produk reksadana yang relatif masih rendah menjadi sebagian kendala.

Oleh karena itu, Denny mengatakan bahwa pendidikan masyarakat adalah salah satu kunci untuk perkembangan industri reksadana syariah.

Mengenai rencana regulasi Otoritas Jasa Keuangan, Manajer Investasi harus membentuk unit syariah atau perusahaan MI syariah yang masih dalam kajian Maybank Asset Management.

“Aturannya yang masih draft, maka rapat baru akan dimulai besok. Maybank sendiri akan mematuhi regulasi OJK,” tutupnya.