Melakukan Presentasi Tanpa PowerPoint, Kenapa Tidak?

Melakukan presentasi tidak harus dengan bantuan PowerPoint lho. Kamu juga bisa melakukan presentasi tanpa PowerPoint. Asalkan, kamu tahu caranya.

Salah satu tanda presentasi berjalan dengan baik, yaitu kamu mampu memikat perhatian audiensi. Hal ini sebenarnya bisa dilakukan meski tanpa menggunakan PowerPoint. Namun, tentu saja hal itu tidak mudah. Apalagi kalau waktu presentasi yang diberikan cukup panjang. Selain itu, jika materi yang diberikan banyak, melakukan presentasi tanpa PowerPoint tidaklah mudah untuk dilakukan.

Namun, jika kamu tahu caranya, melakukan presentasi tanpa PowerPoint bisa dilakukan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Lakukan Persiapan yang Cukup Sebelum Presentasi Tanpa PowerPoint

Melakukan persiapan yang cukup akan membuat presentasi kamu sukses. Persiapan yang cukup semakin diperlukan jika kamu melakukan presentasi tanpa menggunakan PowerPoint. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan atau dilakukan, yaitu

  • Kenali audiensi kamu dengan baik. Semisal, siapakah mereka? Apa profesinya? Apa yang sudah mereka ketahui tentang materi yang akan diberikan?
  • Buatlah beberapa poin penting mengenai keseluruhan materi (bisa 4 atau 5 poin).
  • Berlatih mempresentasikan poin-poin tersebut tanpa menggunakan PowerPoint.
  • Ulangi berkali-kali membuat poin dan mempresentasikannya tanpa PowerPoint .

Cara mempersiapkan presentasi diatas juga bisa kamu terapkan jika kamu akan melakukan presentasi dengan menggunakan PowerPoint.

Baca Juga: Sukses Presentasi: 5 Trik Memikat Hati Audiens di Awal Presentasi

Takut Melupakan Materi Presentasi? Lakukan Hal Ini

Kebanyakan orang sangat bergantung pada slide PowerPoint saat melakukan presentasi. Alasannya, ada yang takut melupakan materi, malas menghafalkan materi atau malas melakukan persiapan. Jika tiba-tiba proyektor rusak atau software tidak bisa berjalan, maka presentasi akan berhenti di tengah jalan. Hal ini tentunya mengurangi keberhasilan presentasi.

Hal-hal di atas sebenarnya bisa dihindari jika kamu melakukan persiapan yang cukup dan berlatih presentasi tanpa PowerPoint berulang kali. Dengan begitu, kalaupun kamu melupakan bagian-bagian materi di saat melakukan presentasi, maka audiensi tidak akan mengetahuinya.

Pasalnya, hanya kamu yang mengetahui poin-poin materi yang disampaikan. Kalau kamu masih khawatir akan melupakan materi, tulislah poin-poin penting yang sudah kamu buat diatas secarik kertas. Kamu bisa membacanya saat terlupa.

Membubuhkan Humor dan Brainstorming

Salah satu manfaat dari mengenali audiensi, yaitu kamu bisa membuat presentasi menjadi menarik. Caranya dengan membubuhkan humor saat melakukan presentasi. Atau kalau kamu merasa humor tidak cocok untuk disampaikan ke audiensi, kamu bisa bercerita mengenai kisah sukses atau semacamnya.

Jika ruangan yang digunakan dilengkapi dengan proyektor dan sistem audio, kamu juga bisa menggunakan gambar ilustrasi, meme atau musik. Dengan begini, ketiadaan PowerPoint di sebuah presentasi bukan lagi menjadi hal yang penting.

Tips lainnya, kamu juga bisa melakukan brainstorming. Ya, kamu memang sedang melakukan presentasi. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa berdiskusi dan saling memaparkan ide atau solusi kan?

Nah, dengan menerapkan beberapa tips di atas, presentasi tanpa PowerPoint bukan lagi hal yang menakutkan. Selain itu, kamu tetap bisa membuat audiensi kamu terpikat sehingga materi yang disampaikan benar-benar bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here