Company Confidential: Saat Identitas Pencari Karyawan Terasa Misterius

Beberapa tahun belakangan ini, lowongan kerja memang semakin mudah diakses di internet. Banyak perusahaan besar mencari karyawan melalui portal lowongan kerja. Namun, masih ada satu istilah asing yang membuat para pelamar kerja jadi ragu-ragu, yaitu company confidential.

Apa sih yang dimaksud dengan company confidential?

Biasanya banyak pelamar kerja yang masih bingung dan ragu-ragu melamar ketika menemukan istilah tersebut. Yuk, cari tahu lebih banyak informasi supaya tidak ragu melamar kerja.

Mengenal Definisi Company Confidential

Istilah company confidential biasanya digunakan suatu perusahaan untuk menggantikan nama perusahaannya ketika mengunggah informasi lowongan kerja. Dengan kata lain, perusahaan tidak akan mencantumkan nama jelas perusahannya melainkan hanya menggunakan istilah tersebut serta berbagai informasi lain untuk pelamar kerja (misalnya, job desc, syarat-syarat, dan lainnya).

Keputusan perusahaan untuk tidak mencantumkan nama biasanya menimbulkan keraguan di kalangan pelamar kerja sehingga akhirnya malah enggan mengirimkan lamaran.

Baca Juga: Mencegah Kandidat Karyawan Tak Berkualitas Masuk ke Perusahaanmu

Mengapa Perusahaan Menyembunyikan Identitasnya?

Ternyata tak sedikit perusahaan besar yang berupaya menyembunyikan identitasnya saat membuka lowongan kerja. Ada berbagai faktor yang membuat perusahaan menggunakan istilah company confidential. Beberapa alasan yang paling sering melatarbelakangi hal tersebut antara lain:

  • Perusahaan tidak ingin kompetitor tahu bahwa ada jabatan strategis yang sedang kosong. Karena hal ini bisa membuat kompetitor melakukan upaya lanjutan demi menjegal perusahaan tersebut.
  • Ada pula perusahaan yang tak mau karyawannya tahu bahwa posisinya akan segera digantikan dengan calon karyawan baru.
  • Selain itu, ada pula perusahaan yang berstatus anak usaha dari perusahaan lain yang jauh lebih besar. Anak usaha tersebut biasanya masih berada dalam tahap persiapan sehingga belum sempat mencantumkan identitas yang jelas bagi para pelamar kerja. Lowongan kerja diharapkan dapat menjaring karyawan yang kreatif dan mampu memajukan anak usaha secara signifikan.

Tak Perlu Ragu Melamar Kerja Asalkan Tahu Triknya

Sebenarnya kamu tak perlu ragu melamar kerja ke perusahaan yang menggunakan istilah company confidential asalkan kamu sudah tahu beberapa tips berikut ini:

  • Mulailah mencari lowongan pekerjaan di portal online besar yang terpercaya sebab biasanya banyak perusahaan memanfaatkan portal tersebut untuk menjaring calon karyawan kompeten.
  • Berusaha mengingat-ingat waktu pengiriman lamaran kerja. Jangan sampai kamu terkecoh dengan panggilan kerja yang berasal dari oknum penipu berkedok perusahaan. Biasanya perusahaan akan menyampaikan panggilan kerja sekitar satu hingga tiga minggu sejak lamaran dikirimkan.
  • Hindari panggilan kerja yang berujung pada instruksi untuk membayar biaya tertentu. Perusahaan yang benar-benar mencari calon karyawan tak akan menyuruh kamu membayar biaya apa pun, justru kamu yang akan diseleksi untuk dipekerjakan dan dibayar.

Setelah mengetahui informasi lengkap tentang company confidential, kamu tentu tak ragu lagi melamar pekerjaan. Siapa tahu kamu berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar yang potensial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here