5 Cara yang Dapat Dilakukan Tiap Hari untuk Melindungi Gigi dari Kerusakan

5 Cara yang Dapat Dilakukan Tiap Hari Untuk Melindungi Gigi Dari Kerusakan
Sumber: Superhealingbook

Akhir-akhir ini Anda merasa gigi ngilu saat minum es teh di kantin kantor? Tentu saja, gejala ini dapat membuat stres karena Anda tidak bisa merasa nyaman untuk melakukan apapun. Bahkan makanan paling enak yang Anda suka pun tidak akan Anda lirik jika sedang sakit gigi. Oleh karena itulah kenapa merawat gigi menjadi aktivitas penting yang harus Anda lakukan. Dan berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan tiap hari untuk melindungi gigi dari kerusakan.

Cara Melindungi Gigi dari Kerusakan

Deretan gigi putih dan bersih dapat meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karena itu Anda perlu merawat gigi tiap hari agar kesehatannya selalu terjaga. Dan berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

  1. Membersihkan gigi 2 x sehari selama 2 menit. Menurut American Dental Association (ADA), sikatlah gigi Anda selama 2 menit, 2 x sehari. Cara ini dapat membantu gigi Anda pada bentuk terbaik. Menyikat gigi dan lidah dengan sikat gigi soft-bristled dan pasta gigi ber-fluorida dapat membersihkan gigi dari makanan dan bakteria yang ada pada mulut, sekaligus untuk menyingkirkan partikel pada gigi yang dapat menyebabkan masalah gigi.
  2. Menyikat gigi di pagi hari dapat melawan bau mulut. Temperatur pada mulut adalah sekitar 37 derajat celcius, hangat dan basah, serta terisi partikel makanan dan bakteri. Kondisi ini dapat memicu endapan yang disebut dengan plak. Ketika menumpuk, endapan ini dapat mengeras pada gigi hingga membentuk tartar, atau disebut dengan kalkulus. Tartar ini tidak hanya akan membuat gusi iritasi, tetapi juga memicu penyakit gusi, sekaligus bau mulut. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk menyikat gigi di pagi hari untuk membantu menghilangkan plak yang menumpuk sepanjang malam.
  3. Jangan menyikat gigi secara berlebihan. Bila Anda menyikat gigi lebih dari 2 x sehari dan lebih lama dari 4 menit, hal ini dapat mengikis lapisan enamel yang melindungi gigi. Ketika enamel gigi tidak ada, maka gigi akan mengekpos lapisan dentin, di mana dentin memiliki lubang kecil yang dapat berakhir pada syaraf. Ketika terjadi rangsangan pada bagian tersebut, bisa jadi Anda akan merasa nyeri. Menurut Center for Disease Control and Prevention, hampir 20 persen orang dewasa di Amerika mengalami masalah gigi sensitif.
  4. Pastikan Anda melakukan flossing tiap hari. Bila Anda ingin melindungi gigi hingga tua, Anda perlu melakukan perawatan gigi secara rutin, dengan minimal melakukan check up. Anda juga disarankan untuk melakukan flossing tiap hari untuk menghilangkan partikal makanan yang tidak dapat dibersihkan saat Anda menyikat gigi. Flossing ini juga dapat menyingkirkan plak sehingga Anda pun bisa mencegah penumpukan tartar. Anda tidak perlu bertanya, harus melakukan flossing atau menyikat gigi terlebih dulu. Menurut ADA, itu bukan masalah sepanjang Anda melakukannya tiap hari.
  5. Menjauhlah dari soda. Ada sebuah kampanye menarik dari Minnesota Dental Association, ‘Sipp All Day, Get Decay’. Ini cukup menarik karena sebagian besar orang Amerika mengonsumsi soda dan kampanye ini dilakukan untuk menyadarkan orang-orang akan bahaya minum soda. Tidak hanya sekedar gula soda, tetapi diet soda pun dapat membahayakan gigi. Asam yang terkandung dalam soda diketahui dapat menyerang gigi. Sekali asam melakukannya, hal ini dapat mengikis enamel gigi, membuat gigi berlubang, meninggalkan noda pada permukaan gigi hingga mengerosi struktur gigi bagian dalam. Jadi, bila Anda ingin melindungi gigi, jauhi soda dan gantilah dengan minuman sehat lainnya.

Baca Juga : Mau Punya Gigi Kuat dan Sehat? Hindari Makanan dan Minuman Berikut!