Memahami Digital Marketing Lebih Mendalam, Bukan Media Sosial Saja

Memahami digital marketing ternyata tidak bisa dilakukan hanya sebatas lewat. Kalau selama ini kita menganggap digital marketing hanya berurusan dengan media sosial saja, ternyata hal itu salah besar. Masih banyak hal yang butuh kita pahami sebelum benar-benar ingin terjun ke sana.

Berikut beberapa ulasan singkat yang dapat membantu kamu sedikit memahami digital marketing. Setidaknya “kulit luarnya” dipahami dulu agar punya gambaran lebih jelas tentang dunia yang cukup baru ini.

Banyak Orang Memahami Digital Marketing sebagai Pemborosan, Salah Banget Nih!

Beberapa orang yang menjalankan bisnis menganggap biaya untuk digital marketing itu sangat mahal. Mungkin anggapan ini muncul lantaran terkadang biaya iklan yang dikeluarkan untuk suatu produk di platform media sosial cukup besar dan tidak sebanding dengan penjualan. Padahal, biaya yang dikeluarkan justru sangat bergantung pada metode yang digunakan.

Kalau sudah paham bagaimana memanfaatkan digital marketing dengan benar dan tepat sasaran, biaya tersebut tidak akan terasa begitu mahal. Bagaimana pun juga, penjualan yang meningkat karena penggunaan digital marketing pasti dapat menutup biaya tersebut. Kuncinya, pahami dulu teori dan tentukan target secara tepat.

Ada Pula yang Mengira Digital Marketing Sangat Tidak Efektif

Selain dianggap boros, ada juga yang memahami digital marketing sebagai cara tidak efektif dalam penjualan. Hal ini jelas salah kaprah mengingat jangkauan digital marketing lebih luas dan mampu menghubungkan produsen dengan konsumen secara real time selama 24 jam. Orang yang masih memiliki anggapan seperti ini biasanya cara pemikirannya masih agak konvensional.

Di era serba canggih dan didukung kemudahan internet, melakukan penjualan lewat media online sangat perlu dilakukan. Apalagi para pebisnis juga tidak bisa tutup mata kalau rata-rata konsumen sekarang sangat bergantung pada internet, terutama media sosial dan blog. Jadi, anggapan digital marketing tidak efektif tentu salah besar.

Baca Juga: Ingin Menggunakan Iklan Online? Pastikan Pilih yang Paling Jitu

Untuk Memahami Digital Marketing, Butuh Beberapa Keahlian Khusus

Tidak sembarang orang bisa menjadi digital marketer karena tidak semua orang bisa melakukan digital marketing yang efektif. Oleh sebab itu, bidang ini sangat butuh orang yang benar-benar punya beberapa kualifikasi yang dibutuhkan. Nyatanya, banyak perusahaan gagal memanfaatkan digital marketing karena punya marketing agency yang kurang baik.

Media sosial sebenarnya hanyalah permukaan dari digital marketing itu sendiri. Seorang digital marketer butuh paham SEO, copywriting, pembuatan konten kreatif, hingga analisis data. Dengan kemampuan yang cukup kompleks ini, tidak heran bekerja di bidang digital marketing ibarat belajar seumur hidup.

Mengenal Metode untuk Memahami Digital Marketing

Beberapa tools alias metode penunjang yang harus dipahami antara lain data dan analisis, media sosial, serta SEO. Karena ketiga hal tersebut cukup kompleks, ada baiknya seseorang yang ingin terjun di digital marketing belajar satu per satu terlebih dahulu. Meski butuh waktu lebih lama, ini jauh lebih baik daripada sekadar menjadi digital marketer “dadakan”.

Untuk data dan analisis, kemampuan membaca data sangat diperlukan untuk mampu menyusun strategi digital marketing yang akan dilakukan. Media sosial bukan sekadar mengunggah konten untuk konsumen, melainkan juga bagaimana membuat konten dengan copywriting baik dan menarik. SEO sendiri butuh dipelajari mendalam agar produk lebih mudah dicari konsumen saat berselancar di mesin pencari Google.

Ternyata memahami digital marketing memang butuh perjalanan cukup panjang ya. Kalau kamu benar-benar tertarik terjun ke dunia ini, pastikan kamu menyiapkannya mulai dari sekarang ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here