Memaksimalkan Produktivitas di Kantor Lewat Hal-Hal Kecil

memaksimalkan produktivitas
Sumber : womenbiznetwork

Seberapa produktifkah Anda di kantor? Jarang sekali ada karyawan yang merasa bahwa mereka mampu memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya. Meskipun Anda punya hak untuk tidak merasa tertekan saat bekerja, memaksimalkan produktivitas akan menguntungkan bagi Anda secara pribadi maupun bagi perusahaan. Semakin tinggi produktivitas Anda dan semakin berkualitas hasil kerja Anda, maka semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk melakukan hal-hal yang lebih baik serta semakin besar kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan kenaikan gaji dan jabatan.

Sayangnya, hal-hal kecil seringkali menghalangi karyawan untuk bisa mencapai titik paling maksimal dari kinerja mereka. Jika Anda selama ini mengalami kesulitan dalam meningkatkan produktivitas, maka lakukanlah beberapa hal berikut ini untuk membantu Anda.

Hal-Hal Sehari-hari yang Bisa Memaksimalkan Produktivitas di Kantor

Bersihkan Keyboard Komputer Anda

Sumber : Free PIK

Gunakanlah selotip dan sikat gigi lembut untuk mendapatkan hasil terbersih.

Mengapa hal sederhana ini penting dilakukan untuk memaksimalkan produktivitas? Karena berdasarkan konsensus yang didapat setelah beberapa riset, keyboard komputer rata-rata memiliki lebih dari 3000 kuman setiap inci per segi dibandingkah daripada dudukan toilet. Ancaman penyakit jelas sangat membahayakan produktivitas Anda.

Gunakanlah sticky tape atau selotip untuk mengambil remah-remah atau sisa-sisa debu dan makanan dari sela-sela kunci-kunci keyboard Anda. Atau, gunakan sikat gigi yang lembut, kemudian bersihkan dengan tisu basah anti-bakteri agar kuman-kuman tersebut segera mati.

Baca Juga: Penting! Manfaat Basa-Basi saat Beraktivitas di Kantor

Tanaman di Atas Meja

Malas Merawat Tanaman? 5 Jenis Tanaman Ini Bisa Anda Dimiliki
Sumber: Board.postjung

Hanya karena itu adalah meja kerja, bukan berarti Anda tidak bisa memberikan sentuhan pribadi atau bahkan sedikit kehidupan padanya. Beberapa meja kerja sifatnya menyedihkan dan kering, bahkan di ruangan-ruangan kantor yang paling inovatif sekali pun. Dan ini akan membuat Anda jadi merasa kurang bersemangat saat harus menjalani hari kerja yang panjang.

Bahkan, berdasarkan hasil studi dari University of Exeter, tanaman bisa meningkatkan kebahagiaan dari pemiliknya hingga 47% dan kreativitas hingga 45%. Ini jelas merupakan salah satu strategi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas. Carilah tanaman-tanaman favorit yang bisa menyegarkan udara dan pandangan Anda. Atau, cobalah tanaman-tanaman seperti bonsai, bambu, atau kaktus yang tidak butuh banyak disiram.

Pelajari Shortcut Keyboard

Sumber: kompas

Shortcut akan sangat membantu Anda dalam memaksimalkan produktivitas. Anda jadi bisa membuat skrinsyut, mengubh ukuran font, atau bahkan menghapus email yang sudah Anda kirim padahal belum selesai. Ketika Anda mengetahui fungsi shortcut untuk bisa melakukan hal-hal ini, Anda akan jadi bisa lebih cepat melakukan kerja Anda sehari-hari.

Saat belum mengingat fungsi-fungsi tersebut, buatlah cheat sheet dan tempelkanlah di dinding di hadapan Anda. Ini akan sangat membantu Anda untuk bisa menguasainya dengan cepat.

Jadwalkan Waktu untuk Membalas Email

etika mengirim emailSetiap karyawan kantor pada umumnya menghabiskan kira-kira dua jam setiap harinya untuk membaca dan membalas email. Ini bukan waktu yang singkat, mengingat betapa banyak pekerjaan administrasi lainnya yang bisa Anda selesaikan dalam waktu dua jam penuh.

Ini jadi lebih menyulitkan lagi saat Anda mempertimbangkan bahwa rata-rata manusia butuh waktu 23 menit dan 15 detik untuk kembali pada sebuah tugas ketika telah terinterupsi. Oleh karena itulah, untuk memaksimalkan produktivitas, sebaiknya Anda menjadwalkan waktu setiap harinya khusus untuk membalas email. Dengan ini, tugas-tugas lain jadi tidak terinterupsi.

Selamat berusaha memaksimalkan produktivitas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here