Ternyata Memasak Merupakan Cara Sederhana untuk Hidup Jadi Lebih Bahagia

memasak

Setiap orang pastinya ingin hidup bahagia. Dan untuk mendapatkan hidup yang bahagia, biasa selalu dikaitkan dengan hidup sehat. Karena hidup bahagia dan kesehatan seringkali menjadi dua hal yang saling berhubungan. Menurut Rochelle Billow dari Cookinglight, banyak orang lupa akan arti dari kesehatan sebenarnya dan lebih fokus ke hal-hal yang tidak terlalu penting. Maka untuk mencegah hal seperti ini tidak terjadi, serta membuat diri Anda agar merasa lebih baik, Bilow menyarankan untuk lebih sering memasak makanan sendiri di rumah. Dilansir Health, ingin tahu kebahagiaan saja yang diperoleh dari masak sendiri di rumah? Berikut ulasannya.

4 Cara Sederhana untuk Hidup Lebih Bahagia dengan Memasak

1. Makanan Bisa Jadi Solusi

Seringkali makanan menjadi sumber masalah, namun menurut Bilow, makanan juga bisa menjadi solusi. Makanan yang diolah dari tangan sendiri memiliki kemampuan  menyembuhkan yang besar. Ada banyak energi yang kita lepaskan saat memasak dan sangat berpengaruh. Dengan mengeluarkan energi positif membuat makanan menjadi lebih enak. Di saat sedang meluangkan waktu untuk memasak sesuatu yang baik, tubuh kita seolah mengingatkan, betapa hebatnya tubuh untuk melakukan segala hal. Sehingga, kita tidak memikirkan seperti apa bentuk tubuh kita.

Baca Juga: Jadikan Hobi Masak Anda untuk Meraup Keuntungan Lewat 5 Tips Ini

2. Berlaku Seperti pada Sahabat

Bagaimanakah cara Anda berbicara dengan sahabat? Apakah Anda sering memberikan dukungan, serta pujian, dan tidak berbicara mengenai hal yang membuat ia menjadi patah semangat. Bilow mengatakan, Anda juga bisa menerapkan hal ini kepada diri Anda sendiri. Jangan biarkan diri Anda untuk menjadi pengkritik, sehingga menghambat kebahagiaan diri Anda. Jika sahabat Anda layak dapat banyak pujian, begitu pun Anda.

3. Menjauhlah dari Layar

Kalau tidak main smartphone, seringkali orang makan di depan layar TV. Padahal, hal tersebut merupakan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan. Di saat Anda sedang meluangkan waktu untuk menyiapkan makanan dan menempatkan masakan Anda di atas meja makan, baik itu dimakan sendiri, atau bersama keluarga. Hal ini akan membuat Anda lebih menikmati proses makan Anda. Dan akan membuat Anda lebih fokus pada rasa makanan dan menjalin percakapan saat makan.

4. Memasak untuk Orang Lain

Bilow mengakui, bahwa di saat ia mulai merasa stres, hal yang bisa membuat dirinya lebih baik adalah memasak untuk orang lain. Kegiatan yang menempatkan kebutuhan orang lain di atas rasa tidak percaya diri akan mengirim pesan keras pada ego kita. Sehingga, kita pun sulit untuk dibodohi, karena kita tahu apa yang benar-benar penting. Hal ini bisa dilakukan dalam bentuk apa saja, dimulai dari menjadi sukarelawan di panti jompo atau panti asuhan, berbagi makanan untuk orang yang membutuhkan, atau semudah membawa makan buatan sendiri ke tempat kerja. Menurut Bilow, hal ini bisa menjadi senjata rahasia. Karena hal yang lebih penting bukanlah dilihat dari penampilan dan bentuk tubuh, melainkan bagaimana kita memperlakukan orang lain.

Beri Komentar Anda

komentar