Terungkap, 5 Kegiatan Istimewa Ini Ampuh untuk Membangun Kerja Sama Tim!

membangun kerja sama tim
Sumber : What is Family Meditation

Rutinitas kerja di kantor memang sering kali terasa membosankan. Apalagi bila Anda selalu disibukkan oleh setumpuk pekerjaan. Kemungkinan besar Anda juga tak punya banyak waktu untuk berkomunikasi dengan rekan kerja kalau Anda terlalu sibuk. Padahal, upaya membangun kerja sama tim harus dilakukan terus-menerus agar hubungan Anda dan rekan kerja semakin solid.

Membangun Kerja Sama Tim Ternyata Bisa Dilakukan secara Mudah Melalui Hal-Hal Sederhana

Merayakan Ulang Tahun di Kantor

Sumber : Paper Direct

Tak ada salahnya membuat tradisi perayaan ulang tahun di kantor bersama rekan kerja lainnya. Merayakan ulang tahun akan membuat jalinan hubungan kekeluargaan di kantor jadi semakin erat. Selain itu, aktivitas yang satu ini juga bisa menjadi momen refreshing yang tepat ketika lelah menyelesaikan pekerjaan. Jangan lupa membuat surprise istimewa untuk menyempurnakan suasana ulang tahun rekan kerja Anda.

Baca Juga: Tipe-Tipe Anggota yang akan Menghambat Produktivitas Tim Kerja di Kantor

Mengadakan Group Mentoring

Sumber : Sales and Marketing Skills

Setiap karyawan pasti memiliki potensi kerja yang berbeda-beda. Untuk meminimalkan kesenjangan di tempat kerja, Anda bisa mencoba mengadakan group mentoring bersama rekan kerja. Cara membangun kerja sama tim yang satu ini sangat efektif untuk saling berbagi ilmu dan kemampuan. Sesi sharing yang dilakukan dalam tim akan membuat semua anggota tim jadi lebih percaya diri dan saling mengenal satu sama lain.

Meeting di Luar Kantor

Bekerja di Kafe
Sumber : newscientist

Suasana meeting di kantor mungkin sudah sangat monoton dan membosankan. Jika Anda ingin mencari suasana baru, cobalah mengadakan meeting di luar kantor. Anda bisa mencari lokasi menarik seperti kafe yang nyaman atau tempat-tempat outdoor lainnya. Kalau Anda dan rekan kerja lainnya merasa enjoy dengan suasana meeting, pasti ide-ide segar akan lebih mudah muncul selama meeting berlangsung.

Berkenalan dengan Karyawan dari Divisi Lain

Sumber : Hindustan Times

Anda tak perlu ragu berkenalan dengan karyawan dari divisi lain di perusahaan. Karena jalinan relasi yang luas pasti akan membuat urusan pekerjaan Anda semakin mudah. Anda akan lebih mahir menyesuaikan diri dan mengenal tugas-tugas divisi lain di perusahaan. Ketika Anda harus bekerja sama dengan divisi lain, prosesnya akan berlangsung lebih lancar dan mudah. Membangun kerja sama tim pasti lebih praktis jika sudah saling mengenal satu sama lain.

Merencanakan Acara Bersama secara Teratur

Sumber : Shout Out UK

Banyak sekali acara seru yang bisa diadakan di kantor untuk membangun kerja sama tim. Tak hanya berolahraga bersama dan outing, acara lainnya seperti BBQ dan games ketangkasan juga sangat bermanfaat. Hubungan akrab antar karyawan kantor akan meminimalkan suasana canggung dan tegang selama bekerja.

Selain kelima kegiatan tersebut, apakah perusahaan Anda punya kegiatan khusus lainnya yang tak kalah mengasyikkan?

Perusahaan yang kreatif dan mengutamakan etos kerja pasti akan mengupayakan berbagai cara untuk membangun tim kerja yang solid. Betapa beruntungnya Anda yang berkesempatan berkarier di perusahaan berkualitas.

Beri komentar Anda tentang artikel ini