Tidak Mudah, Tapi Introvert pun Harus Membangun Networking

Membangun networking bagi introvert bukanlah perkara mudah. Sudah menjadi sifatnya untuk menyendiri sehingga diperlukan keberanian untuk bertemu dengan orang-orang baru. Orang introvert cenderung pendiam dan pemalu sehingga lebih suka menghindari kerumuman. Oleh karena itu, memiliki jaringan sangat penting untuk kemajuan kariernya. Berikut tips bagi introvert membangun networking.

Datang Lebih Awal

Networking menjadi lebih mudah bagi introvert bila Anda tidak masuk ke dalam sebuah ruangan yang penuh dengan orang asing dan terlibat dalam percakapan. Oleh karena itu, aturan emas dengan datang lebih awal perlu diterapkan. Anda bisa beramah-tamah secara langsung dengan orang yang baru masuk dan memulai percakapan satu per satu sebelum meninggalkan mereka ketika acara dimulai.

Lupakan Imej “Terdengar” Smart

Siapa yang tidak ingin menjadi orang yang menyela percakapan untuk mengatakan sesuatu yang brilian? Namun, hanya sedikit orang, bahkan extrovert dan cukup karismatik yang melakukan hal itu. Jadi, tidak ada tekanan pada diri Anda untuk menjadi orang seperti itu. Berhentilah memaksakan diri untuk mencuri perhatian dan memahami bahwa pebisnis yang paling efektif adalah mereka yang bekerja di sela-sela waktu.

Alih-alih mendorong diri Anda untuk mengeluarkan komentar smart, cukup belajar untuk tersenyum, mengulurkan tangan, dan mengenalkan diri Anda. Ini adalah cara membangun networking bagi introvert yang cukup gampang.

Baca Juga: Penting, 5 Manfaat Networking Mengembangkan Karier Anda

Jangan Paksa Diri Anda untuk Berbicara

Untuk membangun networking bagi introvert, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berbicara banyak bila merasa tidak nyaman melakukan itu. Bila Anda termasuk orang dengan tipe pendengar yang baik daripada berbicara, itu tidak mengapa sepanjang Anda benar-benar bisa menjadi seorang good listener. Pastikan saja Anda memperhatikan apa yang orang lain katakan sehingga Anda bisa merespon ketika memiliki sesuatu yang ingin dibagikan.

Tidak Usah Buru-buru Berbicara dengan Banyak Orang

Berbicara dengan orang yang berbeda tentang pekerjaan bisa sangat melelahkan. Membangun networking untuk orang introvert dengan cara seperti ini tidak akan berhasil. Jika Anda memaksa diri untuk berbicara dengan banyak orang, cukup lakukan saat istirahat diantara percakapan, misalnya ketika Anda hendak ke toilet, atau mengambil air. Apapun yang Anda lakukan, beri waktu bagi diri Anda beberapa menit untuk rileks dan melepaskan stres.

Bangun Networking dengan Siapkan Beberapa Pertanyaan

Bagi sebagian orang, poin ini mungkin terdengar aneh. Namun, bagi seorang introvert yang ingin membangun networking, ini wajib dilakukan. Menyiapkan topik pembicaraan dapat mencegah terjadinya keheningan dan Anda bisa segera memulai percakapan kembali. Alih-alih mencoba terlibat obrolan ringan yang biasanya dibenci oleh orang introvert, Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang pekerjaan dan kiat sukses dalam bisnis.

Temukan Seorang Teman untuk Networking

Membangun networking untuk introvert bisa dimulai dengan memiliki seorang teman yang memiliki banyak kesamaan karena bisa saling terhubung. Ini tidak hanya akan membuat Anda lebih terbuka saat menghadiri event networking, tetapi juga bisa lebih mudah memulai percakapan dengan orang-orang yang tidak pernah Anda temui.

Namun, penting untuk diingat bila memiliki teman networking juga bisa memicu isolasi ketika Anda berada dalam keramaian. Oleh karena itu, hindarilah terlalu dekat dengan teman Anda tersebut di sepanjang acara karena ini bisa mendorong introvert lain menghindar untuk berbicara dengan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here