Cara Jitu Membangun Networking bagi Para Karyawan Baru

Relasi merupakan elemen penting dalam menjalankan suatu pekerjaan atau bisnis. Anda patut menjalin networking yang luas untuk memperbesar peluang di masa mendatang. Networking bagi para karyawan baru adalah suatu hal yang sulit.

Pasalnya, karyawan baru tentu belum terlalu familiar dengan lingkungan kerjanya. Namun, Anda tak perlu khawatir karena networking karyawan baru bisa dilakukan melalui beberapa cara sederhana ini.

Datang Lebih Awal Setiap Hari

Datang lebih awal ke kantor memang tak pernah ada ruginya. Selain bisa menyiapkan diri sebelum bekerja, Anda juga bisa menyapa banyak orang yang Anda temui.

Jangan hanya terpaku pada pergaulan dalam tim kerja saja. Anda dapat berkenalan dengan karyawan dari divisi lainnya. Hal sederhana ini adalah upaya networking karyawan baru yang akan menambah jumlah relasi Anda.

Bersikap Ramah kepada Semua Orang

Sikap ramah juga penting untuk menambah relasi di dunia kerja atau bisnis. Bila ingin memaksimalkan networking ketika masih bersatus karyawan baru, Anda patut bersikap ramah kepada semua orang.

Tak perlu ragu bertegur sapa dengan rekan-rekan yang belum Anda kenal. Sebab hubungan baik bisa dimulai dari hal-hal sepele. Bahkan bila Anda tidak memiliki ekspektasi apa pun terhadap orang lain.

Selalu Menyelesaikan Pekerjaan dengan Baik

Sesibuk apa pun Anda, pastikan kalau Anda selalu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Agar atasan dan rekan-rekan kerja puas dengan hasil tersebut. Bukan mustahil bila Anda akan lekas mendapatkan promosi jabatan.

Sehingga kesempatan mengenal banyak orang pun akan terbuka lebar. Networking karyawan baru yang sudah Anda lakukan akan mendukung perkembangan karier semaksimal mungkin.

Baca Juga: Tidak Mudah, Tapi Introvert pun Harus Membangun Networking

Mengikuti Acara di Luar Jam Kantor

Perusahaan modern kini sering mengupayakan acara non formal di luar jam kantor untuk mengakrabkan para pekerjanya. Jadi, Anda patut memanfaatkan momen tersebut untuk menambah relasi.

Networking karyawan baru akan berlangsung mulus kalau Anda rajin mengikuti acara di luar jam kantor. Rekan-rekan kerja Anda pun akan mengenalkan Anda kepada klien bisnis atau pihak penting lainnya yang berhubungan dengan dunia kerja Anda.

Jangan Pelit Memberi Traktiran

Sesekali mentraktir rekan-rekan kerja tak akan bikin Anda boros. Bonusnya, hal tersebut akan menambah keakraban Anda dengan para rekan kerja.

Tak ada salahnya meluangkan sedikit bujet untuk traktiran. Terutama bila ada rekan kerja yang berulang tahun atau sedang ada perayaan khusus di kantor.

Membangun networking karyawan baru tidak sesulit yang Anda bayangkan. Lakukan secara santai supaya Anda tetap menjadi diri sendiri. Jadilah karyawan yang supel dan bisa diandalkan di lingkungan kerja Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here