CTO Sleekr: Pentingnya Teamwork dalam Membangun Produk Teknologi

CTO Sleekr : Pentingnya Teamwork dalam Membangun Produk Teknologi
Rafeequl Rahman

Job-Like Magazine kembali membawakan perjalan karier inspiratif dari seorang profesional di bidangnya. Kali ini, Rafeequl Rahman, Chief Technology Officer (CTO) Sleekr, sebuah perusahaan Saas untuk HR dan Accounting berbagi perjalanan kariernya serta secuil pengalamannya dalam berkarir di bidang IT.

Bersama VP Engineering Sleekr Agung Harry Purnama, Rafeequl memimpin sekitar 100 orang dari divisi Technology serta memiliki 12 bawahan langsung. Pria yang sempat memiliki keinginan untuk menjadi petani ini, akan berbagai ceritanya bagaimana ia bertahan dan terus melakukan inovasi dalam industri IT.

Sejak SD, Rafeequl sudah memiliki ketertarikan pada teknologi. Perjalanan kariernya dalam bidang IT dimulai sejak SMA. Saat itu, ia bekerja sebagai freelancer menangani web development. Tak hanya di bidang IT, Rafeequl juga pernah menjadi penulis lepas pada sebuah majalah.

Serangkaian pekerjaan di bidang teknologi pernah dijalani, seperti menjadi seorang software developer di berbagai perusahaan seperti Koprol dan Midtrans. Hingga, di posisi karirnya saat ini, menjadi CTO di Sleekr.

“Kami percaya kalau HR dan Finance di perusahaan harus lebih fokus kepada hal-hal yang penting. Tidak disibukkan dengan kegiatan yang sifatnya adminstratif, seperti mencatat cuti, menghitung payroll, pajak, dan sebagainya. Dengan teknologi, itu semua diotomatisasi sehingga HR dan Finance bisa lebih efisien,” tuturnya.

Apa yang membuat Anda tertarik menekuni bidang teknologi ?

Sebagai CTO, Rafeequl bertanggung jawab menjaga keseimbangan antara kebutuhuan bisnis dan teknis. Bentuknya antara lain menjaga agar penerapan teknologi di perusahaan tetap efisien dan sesuai kebutuhan bisnis.

“Di dalam tanggung jawab itu ada hiring, architechting, managing, dan delegating. Saya merasa sukses mengerjakan ini ketika saya bisa membangun tim yang bisa menyampaikan nilai-nilai bisnis secara mandiri,” jelas Rafeequl.

Baca Juga : Ingin Berkarier di Bidang IT? Yuk, Intip Pekerjaan Seorang Scrum Master

Ya, kekuatan tim menjadi support system di dalam sebuah organisasi. Menimbulkan rasa kepercayaan di antara tim, merupakan cara yang dilakukan agar bisa membuat anggota tim terus termotivasi.

Teamwork merupakan dasar dari sebuah produk yang baik. Membangun software yang besar dan baik memerlukan kontribusi banyak orang. Yang perlu disadari keberhasilan sebuah produk merupakan output dari kerja sama tim, sehingga komunikasi dan kepercayaan harus terus dijaga.

“Saya selalu menekankan, yang kita lakukan sebenarnya bukan hanya coding, tetapi membantu user di luar sana agar mereka bisa bekerja lebih baik, happy, dan produktif.”

Ketika disinggung soal nilai-nilai perusahaan yang ia terapkan, Rafeequl ternyata memiliki pilar nilai yang amat ia sukai.

“Yang paling saya sukai dari nilai-nilai di perusahaan ini, salah satunya pilar Continuous Improvement yang memiliki turunan nilai highest standard, learn and be curious, serta deliver better,” tutupnya.

1 COMMENT

  1. Tim? Sepengalaman gw kerja bareng dia selama di sleekr, yg deket ma dia ya itu2 aja orangnya. Padahal, dibelakang ya diomong-omongin 😆

    Deket sama dia jabatan loe lgsg naik, sebapuk apapun kodingan loe klo loe pinter ngomong n deket ma die ya naik karir loe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here