Wajib Tahu! Cara Membuat Itinerary Liburan yang Praktis dan Hemat Bujet

Liburan selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah berkutat dengan urusan pekerjaan. Maklum saja, berlibur membuat kamu leluasa melepas penat dan mendapatkan pengalaman baru. Jika ingin berlibur dalam waktu dekat, sebaiknya kamu membuat itinerary liburan secara cermat agar bisa memperoleh penglaaman menakjubkan.

Membuat itinerary liburan tak akan sulit lagi bila kamu sudah memahami beberapa hal penting ini:

Menghitung Jeda Waktu Secara Akurat

Ketika membuat itinerary liburan, kamu juga harus menghitung jeda waktu secara akurat. Jangan menyiapkan jeda waktu terlalu sempit supaya aktivitas liburan bisa dijalankan dengan leluasa.

Sehingga kamu tidak perlu bangun terlalu pagi atau terburu-buru saat baru tiba di suatu destinasi wisata. Jangan lupa pula memperhitungkan jeda waktu bila seandainya mengalami kemacetan di tengah jalan.

Baca Juga: Siasat Jitu Mengatasi Rasa Malas Akibat Sindrom Pasca Liburan

Menentukan Dua Hingga Tiga Destinasi dalam Satu Hari

Sebaiknya kamu tidak berencana mengunjungi terlalu banyak tempat dalam waktu satu hari. Karena itinerary yang terlalu padat malah membuat kamu merasa kurang nyaman dan mudah lelah.

Alangkah lebih baik jika hanya mengunjungi dua hingga tiga tempat saja supaya kamu lebih fokus melakukan eksplorasi di tempat-tempat tersebut. Kamu jadi tak perlu terburu-buru karena punya waktu beberapa jam untuk menikmati suasana masing-masing destinasi wisata.

Mengutamakan Destinasi Wisata Gratis

Jika ingin puas berlibur tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, sebaiknya kamu mengutamakan destinasi wisata gratis saat membuat itinerary liburan. Cari tahu infomasi tentang berbagai destinasi wisata gratis yang bisa dikunjungi.

Cara ini bisa menekan bujet agar tidak habis hanya untuk keluar masuk tempat wisata. Kelebihan bujet liburan bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain yang lebih penting.

Menentukan Rute Itinerary yang Tepat

Banyak jalur alternatif yang bisa kamu pilih saat membuat itinerary liburan. Namun, kamu harus memastikan bahwa jalur tersebut adalah jalur yang tercepat dan paling aman.

Selain itu, tak ada salahnya jika kamu memilih jalur ramai yang terdiri dari banyak tempat wisata atau pusat oleh-oleh. Tentu saja kamu harus melewati jalur ramai disertai dengan perencanaan waktu yang matang supaya itinerary tidak terbengkalai.

Cermat Mempertimbangkan Pilihan Moda Transportasi

Kondisi para peserta liburan sangat menentukan pilihan moda transportasi yang harus digunakan. Jika ada lansia dan anak-anak dalam rombongan liburan, sebaiknya kamu memilih akomodasi yang nyaman berupa mobil travel berkapasitas besar. Sehingga lansia dan anak-anak tidak mudah kelelahan ketika menempuh perjalanan jauh.

Sebaliknya, rombongan yang terdiri dari anak muda bisa menggunakan transportasi umum berupa bus, kereta api, MRT, atau kapal untuk menghemat bujet dan merasakan pengalaman istimewa.

Bila kamu sudah pernah membuat itinerary liburan, nanti kamu tak akan kesulitan melakukannya lagi karena telah memiliki pengalaman. Pastikan kalau itinerary liburan yang disusun benar-benar efisien dan dapat menyempurnakan pengalaman liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here