4 Cara Membuat Kesan yang Baik kepada Karyawan Baru

membuat kesan yang baik kepada karyawan baru

Sebagai seorang atasan, tentu Anda dianjurkan untuk bisa membuat kesan yang baik kepada setiap orang, terkhusus kepada karyawan baru yang akan menjadi bawahan Anda. Untuk membuat kesan yang baik kepada bawahan Anda. Maka ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Beberapa hal ini kerap dilakukan oleh para atasan yang sukses. Oleh karena itu, ada baiknya Anda meniru hal-hal ini untuk membuat karyawan baru merasa dirinya diterima dalam lingkungan kantor. Mengutip dari laman Inc-Asean, berikut ulasannya untuk Anda.

Beberapa Cara Membuat Kesan yang Baik terhadap Karyawan Baru di Kantor

1. Mengucapkan Selamat Datang dan Selamat Bergabung

Sebagai seorang atasan yang baik, Anda harus menyambut baik kehadiran karyawan baru yang akan menjadi bawahan Anda di kantor. Sambutan selamat datang dan selamat bergabung bisa membuat perasaan karyawan baru tersebut menjadi lebih nyaman, sehingga mereka memang merasa sangat diterima di lingkungan kantor yang baru tersebut. Perusahaan-perusahaan yang besar selalu menerapkan hal ini kepada setiap karyawan baru yang bergabung dalam perusahaan. Hal ini secara tidak langsung juga bisa memicu semangat kerja karyawan baru tersebut.

Baca Juga : Bingung Apakah Harus Pindah Kota untuk Pekerjaan Baru? Pertimbangkan Hal-Hal Ini

2. Menceritakan Beberapa Kisah dan Cerita Mengenai Perusahaan dan Diri Anda sebagai Atasannya

Sumber: jadiberita

Hal ini bertujuan agar karyawan baru tersebut bisa mengetahui lebih lanjut seputar perusahaan tempatnya bekerja. Selain itu, Anda juga akan dipandang sebagai seorang atasan yang ramah oleh karyawan baru tersebut. Anda juga bisa menceritakan sedikit tentang diri Anda kepada karyawan baru tersebut. Anda bisa menceritakan beberapa hal yang Anda sukai dan tidak Anda sukai seputar pekerjaan dengan cara yang santai. Secara tidak langsung hal ini akan membuat karyawan baru tersebut lebih segan dan lebih menghormati Anda. Dampak positif lain dari hal ini adalah, karyawan baru tersebut akan lebih berhati-hati dalam bekerja agar tidak mengecewakan Anda.

3. Tentukan Target dalam Bekerja

Sebagai seorang atasan, Anda merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap semua bawahan Anda di kantor. Jika bawahan Anda melakukan kesalahan, maka sejatinya kesalahan tersebut juga menjadi tanggung jawab Anda. Oleh karena itu, tentukanlah target dalam bekerja kepada karyawan baru yang akan menjadi bawahan Anda. Hal ini berguna agar karyawan baru tersebut paham dan mengetahui apa yang harus ia kerjakan dan apa yang harus ia capai nantinya. Sehingga tanggung jawabnya di kantor bisa terselesaikan dengan baik.

4. Jadikan Karyawan Baru sebagai Anggota Keluarga Baru di Kantor

Tidak ada yang lebih baik dari hubungan atasan dan bawahan layaknya seperti anggota keluarga di rumah. Dengan terjalinnya hubungan yang baik, maka kinerja karyawan baru juga semakin baik. Sebab rasa ‘segan’ dan ‘menghormati’ yang dimilikinya akan lebih tinggi terhadap Anda. Lantas apa yang harus Anda lakukan agar hal ini bisa terealisasi? Anda bisa membantu masalah dalam pekerjaan, yang sebagai seorang karyawan baru mungkin tidak terlalu ia mengerti. Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya diskusi tentang segala macam keluhan yang ia hadapi di kantor lalu memberikan solusinya dengan cara yang santai.

Beri komentar Anda tentang artikel ini