Selain Lezat Rasanya, 5 Makanan Ini Bisa Membuat Kuku Kuat dan Sehat

kuku kuat dan sehat
Sumber : askzelna

Untuk mempertahankan gaya hidup sehat, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Saat merawat tubuh, kita kerap kali cenderung mengabaikan kuku kita. Tanpa disadari, kuku yang sering Anda lewatkan perhatiannya justru dapat mencerminkan kesehatan tubuh, lho. Oleh karena itu, agar kuku tetap sehat, penting untuk menjaganya dengan memerhatikan apa yang Anda konsumsi. Jika Anda memiliki masalah dengan kesehatan kuku seperti berubah warna atau terkelupas, maka ada 5 makanan yang ini akan membuat kuku kuat dan sehat. Dan beberapa di antaranya adalah makanan yang kaya akan vitamin kalsium dan B. Yuk, simak ulasannya berikut.

Beberapa Makanan untuk Membuat Kuku Kuat dan Sehat

Ikan

foto: masakandapurku

Untuk membuat kuku yang sehat dan kuat, penting untuk mengonsumsi cukup protein. Makanan kaya protein terbukti bermanfaat bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Kaya akan asam lemak omega-3, ikan merupakan sumber protein dan belerang yang sangat baik. Jika Anda memiliki kuku yang tipis dan rapuh, maka ikan menjadi makanan yang pas untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini karena ikan memiliki banyak sekali asam lemak omega-3, yang akan membantu melembapkan dasar kuku. Terlepas dari ini, lemak omega-3 juga dapat meningkatkan kelenturan mereka.

Baca Juga: Tidak Pernah Bisa Punya Kuku Cantik dan Lentik? Ini Dia Penyebabnya!

Telur

Makan Telur Sebutir Sehari Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung? Simak Hasil Penelitian Berikut!
Sumber: Recipethis

Telur utuh yang besar mengandung tinggi vitamin D. Selain itu, telur juga menjadi sumber protein yang bagus, sedangkan kandungan vitamin B12, zat besi dan biotinnya diketahui dapat meningkatkan ketebalan kuku.

Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau
Sumber: Ovguide

Meski berukuran kecil, namun kacang hijau memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah membuat kuku menjadi kuat dan jauh lebih sehat. Kacang hijau kaya akan protein, beta-karoten dan vitamin C. Makanan kaya nutrisi ini membantu memperkuat kuku jari dan dapat meningkatkan laju pertumbuhannya juga. Jadi, bila Anda ingin jari kuku panjang lebih cepat, mengonsumsi kacang hijau bisa jadi jawaban yang pas.

Gandum

Simak Alasan Kenapa Gandum Utuh Dipilih Untuk Menu Diet Sehat
Sumber: 247mentalhealthhelpline

Untuk perawatan kuku yang sehat, sangat penting untuk mengisi tubuh dengan mikronutrien juga. Gandum kaya akan vitamin tembaga, seng, mangan, dan B, yang dikenal untuk meningkatkan pertumbuhan kuku yang sehat.

Sayuran Hijau

Sumber : Halal Lifestyle

Serat, kalsium, zat besi dan antioksidan dari sayuran berdaun hijau sangat berkhasiat sebagai pembangkit nutrisi. Mengonsumsi bayam, kale, brokoli, dan sayuran berdaun hijau lainnya secara rutin bukan hanya membuat tubuh sehat, tapi juga membantu menjaga kuku agar tidak cepat rapuh.

Beri komentar Anda tentang artikel ini