Biar Awet, Ikuti 3 Cara Memerbaiki Komunikasi dalam Hubungan

Komunikasi adalah “bahasa cinta’ yang paling penting agar seseorang merasa didengar dan dipahami. Semakin Anda dan pasangan saling memahami, maka rasa bahagia dan nyaman akan timbul. Mirisnya, banyak pasangan yang tidak berkomunikasi dengan baik. Akibatnya, kesalahpahaman acap terjadi yang berbuntut pertikaian.

Nah, ada tiga “bahasa cinta” yang bisa dipraktikkan pasangan untuk memerbaiki komunikasi agar hubungan semakin awet. Yuk disimak supaya hubungan Anda langgeng.

Bahasa Cinta 1: Pilih Waktu yang Tepat untuk Berbicara

Penting untuk menemukan waktu yang tepat untuk berbicara dengan pasangan, terutama ketika kalian bertengkar. Anda dan pasangan harus tetap tenang dan tidak stres ketika kalian berkomunikasi atau mencari solusi.

Kesalahan besar yang harus dihindari nih ketika terbawa emosi, adalah memunculkan masalah lain bagi pasangan ketika suasana sedang buruk dan emosi memanas. Ingat, ketika suasana hati pasangan buruk, lelah, atau terganggu, lalu Anda menyerbu dengan tuduhan, tentu Anda memperburuk situasi.

Ini membuktikan Anda tidak siap secara emosional dan mental untuk berkomunikasi.

Bahasa Cinta 2: Berusahalah untuk Berkomunikasi Tatap Muka

Pesan teks dapat menyebabkan miskomunikasi yang tidak diinginkan, jadi lebih baik berbicara dengan pasangan Anda secara langsung. Pastikan pasangan siap memberikan perhatian penuh ketika Anda berbicara. Pertahankan kontak mata saat berbicara, dengarkan ketika ia berbicara, dan tanggapi apa yang ia katakan dengan tenang.

Baca Juga: Ini yang Pasangan Maksud saat Ia Bilang Butuh Waktu Sendiri

Bahasa Cinta 3: Kembangkan Keterampilan Mendengarkan yang Baik

Terkadang, alasan mengapa perkataan Anda tidak didengar adalah Anda tidak mendengarkan pasangan ketika ia berbicara atau mengungkapkan perasaannya. Anda harus secara aktif mendengarkannya ketika mengatakan sesuatu.

Jangan menyela saat ia berbicara. Akui bahwa Anda mendengarkan dan memahami apa yang ia katakan. Berikan tanggapan, pemikiran, dan masukan setelah ia berhenti bicara.

Jika Anda ingin berkomunikasi lebih baik dengan pasangan dan memahami satu sama lain dengan lebih baik, saran hubungan terbaik adalah belajar bahasa cinta mereka dan menjadi fasih di dalamnya. Keterampilan komunikasi akan memperkuat hubungan kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here