Girls, Melakukan Hal Ini pada Rambut Ternyata Hanya Akan Memicu Rambut Rusak!

memicu rambut rusak
Sumber: Thingswelove

Tidak ada yang bisa menyangkal bila kesehatan rambut menjadi salah satu bagian yang mendapat perhatian lebih dari wanita, selain kulit wajah. Masalah rambut lepek, kusam, berminyak, ketombe, rontok, dan ujung rambut bercabang adalah masalah yang membuat wanita melakukan berbagai cara untuk mengembalikan kecemerlangan rambut. Namun, tanpa disadari apa yang Anda lakukan justru malah membahayakan rambut. Dan berikut adalah beberapa cara yang sering dilakukan oleh wanita saat merawat rambut, yang justru memicu rambut rusak.

Rambut Rusak Dapat Terjadi Karena Melakukan Kebiasaan Ini

Tidak Menggunakan Shampo Color-Safe

Sumber: xojane

Bila Anda mewarnai rambut, bahkan bila hanya beberapa kali dalam setahun, memakai shampo color-safe itu wajib. Tanpanya, warna rambut akan memudar sangat cepat dan rambut Anda menjadi kering. Shampo jenis ini akan membersihkan rambut dengan lembut tanpa memudarkan warna dan cukup bisa melembapkan warna rambut yang diwarnai.

Bila Anda memiliki warna rambut pirang, berhati-hatilah saat menggunakan shampo berwarna ungu karena dapat mencerahkan rambut Anda. Shampo ini juga tidak dimaksudkan untuk digunakan tiap hari atau tiap kali Anda mencuci rambut. Jika Anda terlalu sering memakai shampo ungu, rambut Anda mungkin akan terlihat kusam dan bahkan mulai muncul warna abu atau ungu.

Baca Juga: Khawatir Punya Masalah Rambut Bau? Segera Atasi Dengan Ramuan Ajaib Berikut Ini

Memakai Kondisioner dari Akar Rambut

Ini yang Sesungguhnya Terjadi Pada Rambut Saat Anda Memakai Kondisioner
Sumber: Hair-accessories

Rambut rusak juga dapat terjadi karena hal sepele, seperti misalnya ketika Anda mengalikasikan kondisioner dari akar rambut, dan bukannya bagian tengah rambut menuju ke ujung rambut. Ujung rambut adalah rambut tertua, di mana ini berarti rambut telah ada di kepala paling lama dan mengandung sedikit pelembap, hampir mati dan justru area inilah yang paling banyak membutuhkan kondisioner.

Menggunakan kondisioner dengan jumlah tepat adalah kunci untuk menghindari rambut rusak. Lalu, apa parameter jumlah yang tepat? Hal ini akan tergantung dari panjang rambut, ketebalan, dan tekstur rambut. Bila Anda tidak tahu, pastikan bagian tengah hingga ujung rambut mendapatkan kondisioner secara merata. Ingat selalu untuk tidak melewatkan perawatan rambut dengan kondisioner untuk ‘menjinakkan’ rambut keriting Anda.

Mengikat Rambut Basah

Hal selanjutnya yang dapat memicu rambut rusak ialah menguncirnya saat masih basah. Biarkan rambut Anda kering terlebih dulu sebelum Anda membuat style rambut ekor kuda atau diikat kencang. Bila Anda tidak dapat menunggu hingga kering, Anda direkomendasikan untuk memakai serum atau leave-in treatment pada helai rambut dengan berkonsentrasi pada bagian tengah hingga ujung rambut. Selanjutnya, Anda dapat mengepang rambut dengan sedikit longgar agar tidak terikat terlalu kencang.

Memotong Rambut Sendiri di Rumah

Memotong rambut sendiri di rumah berbeda dengan meminta orang lain memotong rambut Anda di rumah. Jika Anda yakin teman Anda bisa melakukannya dan percaya akan hasilnya, Anda dapat mengandalkan cara ini. Namun, Anda lebih dianjurkan untuk memotong rambut di salon karena Anda akan ditangani oleh profesional.

Anda pasti tahu jika memotong rambut juga perlu trik dan orang yang melakukannya harus pernah belajar dan mempraktikkannya. Bila Anda nekat memotong rambut sendiri di rumah, dikhawatirkan hasilnya tidak simetris dan style rambut yang Anda dapat justru akan membuat rambut tampak kacau. Untuk menghindari hal tersebut, serahkan urusan merapikan rambut pada ahlinya.

Terlalu Sering Coloring atau Highlight Rambut

Anda mungkin termasuk tipe orang yang suka gonta-ganti style rambut agar terlihat keren. Namun, Anda perlu tahu bila melakukan coloring atau pewarnaan terhadap rambut adalah sebuah proses kimia yang dapat mendatangkan malapetaka pada helai rambut Anda. Lakukan jeda waktu saat melakukan pewarnaan. Dengan cara ini, rambut akan bisa bernapas untuk mengistirahatkan diri dari bahan-bahan kimia yang dapat memicu rambut rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here