5 Tips Memilih Penginapan saat Liburan Akhir Tahun Tiba

saat liburan akhir tahun
Sumber : blog.padiciti

Pergantian tahun akan segera datang dalam beberapa minggu lagi, jadi sudahkah Anda merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga atau kerabat? Baik destinasi dalam maupun luar negeri, tentunya bisa menjadi pilihan Anda untuk menyambut tahun yang baru. Namun menjelang akhir tahun, biasanya harga akomodasi dan tiket perjalanan bisa jauh lebih tinggi dibandingkan hari liburan lain. Terlebih lagi jika Anda memilih kota-kota favorit, seperti Bali atau Yogyakarta untuk dalam negeri, dan Singapura atau Hongkong untuk destinasi luar negerinya. Tetapi Anda tak perlu khawatir, karena berikut ini ada beberapa tips untuk memesan hotel agar sedikit lebih murah saat liburan akhir tahun tiba.

Tips Menghindari Akomodasi Mahal saat Liburan Akhir Tahun

1. Sesuaikan dengan Budget

Selalu Gagal Dalam Mengatur Keuangan? Ikuti Cara Mudah Berikut
Sumber: Expertbeacon

Pastikan hotel yang ingin Anda singgahi sesuai dengan dana liburan. Anda bisa mulai mencari akomodasi di website travel agent yang memiliki fitur ‘sortir’ dengan memilah harga hotel dari termurah hingga termahal. Selain harga hotel, fasilitas dari penginapan itu sendiri juga sebaiknya Anda perhatikan sesuai dengan kebutuhan. Bagi seorang solo traveler, ada baiknya Anda memilih untuk menginap di hostel dengan fasilitas seperti sarapan dan dapur bersama. Hal tersebut setidaknya dapat menghemat biaya pengeluaran selama Anda berlibur.

Baca Juga: Wah, Ternyata Ini Manfaat Liburan di Pantai yang Baik bagi Kesehatan

2. Perhatikan Ulasan Akomodasi

Sumber: kinggordenbali

Sebelum melakukan perjalanan dan membayar sejumlah dana untuk menyewa akomodasi, sebaiknya Anda mencari tahu ulasan mengenai penginapan yang ingin Anda singgahi dari para pengunjung sebelumnya. Anda bisa melihat ulasan tersebut di Online Travel Agent yang sudah cukup dikenal masyarakat. Selain pendapat dari orang lain, Anda juga bisa melihat foto-foto dan fasilitas yang tersedia di hotel tersebut. Hal ini dikarenakan agar Anda lebih mengetahui dan mengenali tempat atau lingkungan yang akan Anda singgahi selama liburan.

3. Booking dari Jauh Hari

Sumber: booking-tours

Ada baiknya Anda melakukan pemesanan akomodasi beberapa hari atau bahkan dua minggu sebelum keberangkatan. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat menghindari harga yang terlampau tinggi dan meningkatnya permintaan akan kamar hotel. Jika Anda berencana memesan tiket perjalanan atau akomodasi lewat Online Travel Agent, sebaiknya perhatikan promo yang sedang berlangsung, karena bisa saja promo-promo tersebut bisa Anda pakai dan sedikit menekan budget Anda. Waktu terbaik untuk memesan akomodasi pada saat libur akhir tahun adalah 12-5 hari sebelum Hari Natal tiba.

4. Pergi dengan Grup atau Rombongan

Ngumpul bersama teman

Harfiahnya, bepergian dengan grup akan jauh lebih menekan dana pengeluaran Anda ketimbang pergi sendiri atau hanya berdua. Salah satu contohnya adalah membagi biaya penginapan secara merata. Setidaknya, Anda masih bisa menyimpan budget untuk hal lainnya.

5. Akomodasi yang Sedikit Jauh dari Pusat Kota

tempat penginapan
Sumber: sayangmahamerthahotel

Saat liburan akhir tahun tiba, pusat kota pada dasarnya tentu memiliki daya tarik yang sangat tinggi akan wisatawan. Nah, hal itu yang menjadikan harga penginapan disekitar pusat kota melambung tinggi daripada harga akomodasi yang jaraknya beberapa kilometer dari pusat kota. Meski membutuhkan waktu yang ekstra untuk mencapai pusat kota, namun setidaknya biaya yang Anda keluarkan untuk akomodasi jauh lebih murah.