Apa Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional? Ketahui dengan Cara Ini

Kecerdasan emosional semakin diperlukan di berbagai bidang pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi seorang karyawan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional yang dimilikinya.

Kalau kamu ingin mengetahui apakah kamu memiliki kecerdasan emosional, ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu jawab. Berikut ini di antaranya:

Mengenali Diri Sendiri

Kalau kamu mengerti bagaimana emosi mempengaruhi perilakumu, kamu akan bisa mengontrolnya. Sehingga, kamu bisa mengambil keputusan yang benar. Kamu juga akan bisa mengerti apa yang dirasakan orang lain.

Beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan untuk mengenali diri sendiri, yaitu,

  • Apa yang memicu emosi saya?
  • Bagaimana mood saya memengaruhi perkataan dan tindakan saya?
  • Apa yang saya lakukan kalau mood saya baik? Apa yang saya lakukan kalau mood saya tidak baik?
  • Apakah saya terbuka pada cara pandang lain? Apa saya mudah dipengaruhi orang lain?

Mengontrol Pikiran Negatif

Hal-hal negatif bisa masuk ke pikiranmu. Apakah kamu mengontrolnya dengan cara menggantikannya dengan pikiran positif?

Pikiran positif membuatmu bisa mengontrol stres dengan lebih baik. Kamu juga bisa menjadi lebih fokus dan percaya diri. Dari sisi kesehatan, berpikiran positif juga baik untuk kesehatanmu.

Berhati-Hati dalam Berbicara dan Berempati

Apakah kamu berpikir sebelum berbicara? Caranya bisa dengan jeda sejenak atau dengan berjalan santai. Intinya, jangan mengambil keputusan berdasarkan emosi sesaat. Keputusan yang diambil berdasarkan emosi sesaat bukanlah keputusan terbaik.

Di sisi lain, kamu juga harus bisa berempati terhadap orang lain. Tempatkanlah dirimu pada posisi orang lain dan perasaan yang dialaminya saat berada pada situasi tersebut.

Namun, berempati bukan berarti kamu harus setuju dengan orang lain. Berempati juga bisa berarti belajar dan mengerti keadaan orang lain.

Baca Juga: Tips Berbasa-Basi agar Percakapan Tidak Menjadi Basi

Mengetahui Tingkat Kecerdasan Emosional Lewat Feedback

Feedback yang negatif atau teguran bisa bermanfaat kalau kamu mau mendengarkannya. Caranya, tanyakan pertanyaan ini, “Kalau saya menghiraukan emosi saya, apa yang saya bisa dapatkan dari feedback ini?”.

Di sisi lain, jika kamu memberikan teguran, kamu harus menanyakan pada dirimu sendiri, apakah teguran yang saya berikan bisa konstruktif bagi orang lain. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik tidak memberikan teguran yang sifatnya hanya mengkritik.

Kelemahan dan Kekurangan

Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional, mengerti akan kelemahan dan kekurangannya. Tanyakan pada dirimu sendiri, apa kelemahan dan kekuranganmu?

Selanjutnya kamu bisa mengembangkan kelebihan yang kamu miliki. Selain itu, kamu bisa memerbaiki kekurangannya.

Meningkatkan Kecerdasan Emosional dengan Mengelola Emosi Negatif

Saat kamu marah atau sedih apakah kamu bisa mengatasinya dengan baik? Kamu sebaiknya tidak larut dalam emosi negatif. Namun, kamu juga sebaiknya tidak menghiraukan emosi negatif. Kenali emosi negatif dan atasilah dengan cara yang positif.

Berfokus pada Hal yang Bisa Dikontrol

Prioritas, reaksi, dan kebiasaan merupakan hal-hal yang bisa kamu kontrol. Dengan mampu mengontrolnya kamu bisa mendapatkan ketenangan dan mengambil keputusan dengan baik. Apakah kamu bisa berfokus hanya pada hal-hal yang bisa kamu kontrol?

Setiap orang tentunya memiliki tingkat kecerdasan emosional yang berbeda-beda. Dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas kamu bisa mengetahui seberapa baik kecerdasan emosional yang dimiliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here