Meminta Perpanjangan Deadline demi Hasil Kerja yang Lebih Baik

Meminta perpanjangan deadline
Sumber : The Pitcher

Deadline pekerjaan yang terus menumpuk pasti membuat Anda kewalahan menyelesaikannya. Bahkan energi Anda akan terkuras untuk menuntaskan deadline tersebut. Kalau Anda benar-benar tak sanggup menyelesaikannya, sebaiknya Anda tak ragu meminta perpanjangan deadline.

Apakah meminta perpanjangan deadline menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang tidak bertanggung jawab?

Sebenarnya tidak juga. Karena deadline tersebut harus tetap disesuaikan dengan kemampuan kerja karyawan. Jika berencana meminta perpanjangan deadline, perhatikanlah beberapa hal penting ini:

Jangan Memberi Tahu secara Mendadak

Sumber : Patriot Software

Mengajukan perpanjangan deadline secara mendadak berisiko merusak berbagai rencana kerja. Hindari pemberitahuan satu hari sebelum deadline. Sebab hal tersebut menunjukkan bahwa Anda kurang profesional. Kalau Anda sudah melihat tanda-tanda bahwa pekerjaan Anda sulit diselesaikan sesuai deadline, cobalah untuk langsung meminta perpanjangan deadline dari rekan kerja atau atasan.

Baca Juga: Resep Jitu Pekerjaan Mulus dengan Komitmen yang Tinggi

Mengemukakan Alasan yang Tepat

Sumber : bestsampleresume

Kalau ingin memundurkan ketetapan deadline, tentu saja Anda wajib mengemukakan alasan yang tepat. Misalnya, Anda tidak bisa menyanggupi deadline karena ada pekerjaan lain yang lebih mendesak. Atau ada gangguan jaringan internet di kantor dan tingkat kesulitan pekerjaan yang cukup tinggi. Alasan yang tepat akan membuat Anda tetap profesional walaupun Anda kesulitan menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu. Namun, bukan berarti Anda bebas memberikan alasan demi lepas dari tanggung jawab kerja, ya.

Segera Menyusun Deadline Terbaru

Sumber : Electrochem

Setelah pengajuan perpanjangan deadline yang baru disetujui, Anda wajib bergegas menyusun deadline terbaru. Pastikan bahwa deadline baru tersebut sesuai dengan kesanggupan Anda. Jangan sampai meminta perpanjangan deadline terulang kedua kalinya untuk pekerjaan yang sama. Karena kejadian berulang akan membuat Anda terkesan tidak bertanggung jawab.

Menyerahkan Sebagian Hasil Pekerjaan Anda

Sumber : Content Wise Step

Anda patut menyerahkan sebagian hasil pekerjaan ketika meminta perpanjangan deadline. Hal sepele ini menunjukkan bahwa Anda sudah mengusahakan pekerjaan tersebut meskipun belum selesai. Sebagian pekerjaan tersebut nantinya bisa diproses oleh rekan kerja atau atasan Anda. Sementara itu, Anda tinggal memanfaatkan perpanjangan deadline untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bila Anda sudah semakin expert, ketetapan deadline akan menjadi acuan produktivitas kerja Anda. Usahakan untuk tidak meminta perpanjangan deadline secara berlebihan demi reputasi kerja yang terjaga dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here