Ingin Memoles Resume untuk Mendapat Pekerjaan Lebih Baik? Lakukan Ini

49
memoles resume
Sumber : diverseedge

Membangun karir yang Anda inginkan harus dilakukan dengan perbaikan dan peningkatan yang terus-menerus, baik ketika Anda berharap untuk melaju pada bidang Anda atau untuk melakukan transisi ke industri lainnya. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak kredensial adalah menempuh bangku kuliah lagi untuk mendapatkan gelar tambahan. Namun, ini adalah sebuah hal yang mahal dan buang-buang waktu. Lalu, apa saja alternatifnya untuk memoles resume dan membuatnya nampak jadi lebih kredibel dan berkualitas tanpa harus menempuh pendidikan lagi dan membuang-buang biaya? Coba lakukan hal-hal berikut saat berusaha memoles resume.

Lakukan Ini untuk Memoles Resume Anda

Berpikir di Luar Gelar

guru TK
sumber: kompasiana

Jika Anda mengira bahwa kembali berkuliah untuk mendapatkan gelar tambahan bisa membantu Anda dalam mencari pekerjaan, maka coba tentukan dulu apa yang ingin Anda peroleh dari pengalaman tersebut. Beberapa karir bisa diakses hanya dengan satu cara, yaitu dengan mendapatkan gelar khusus seperti jika Anda berencana untuk menjadi dokter atau pengacara. Namun, jika Anda ingin melanjutkan ke S2 atau menempuh S1 untuk membuka usaha sendiri atau untuk mendapatkan gelar spesifik untuk sastra atau menulis kreatif agar bisa menerbitkan buku, pertimbangkan bagaimana Anda bisa mencapai gol-gol tersebut tanpa gelar.

Jika Anda bersemangat untuk belajar dari para ahli di bidang yang membuat Anda tertarik, misalnya, carilah mentor. Ini akan jadi lebih efektif dan jauh lebih murah daripada biaya berkuliah. Bangunlah koneksi dengan para profesional melalui ajang-ajang networking, kontak bersama atau media sosial. Jika Anda membangun kenalan dan hubungan yang baik, maka orang-orang ini akan mau memberikan panduan atau pendapat ahli mereka.

Baca Juga: Awas, Ini Berbagai Jenis Resume yang Paling Sering Disingkirkan HRD!

Dapatkan Sertifikasi atau Akreditasi

sertifikat pendukung

Baik untuk mengganti jalur karir atau untuk meningkatkan kualitas kualifikasi Anda, coba carilah sertifikasi yang bisa membantu Anda. Dengan ini, Anda akan bisa belajar dan membangun jalur yang tengah Anda kejar serta menunjukkan bahwa Anda sudah ada pada jalan ke sana.

Mungkin, Anda mempertimbangkan untuk menjalani gelar sarjana lagi tetapi di bidang ilmu pemrograman, bukannya ilmu komputer. Namun, Anda sebenarnya tak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk mendapatkan gelar baru. Anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Beberapa sertifikasi pada bidang-bidang tertentu bisa dikerjakan dalam waktu beberapa jam saja. Namun, sertifikasi lain butuh bulanan belajar dan menjalani ujian untuk mendapatkannya. Jelajahilah beberapa program berbeda untuk melihat opsi yang ada bagi Anda. Anda nantinya akan mengetahui opsi yang paling pas untuk memoles resume Anda.

Kembangkan Pengetahuan dan Keahlian Baru

di depan komputer

Anda tak perlu gelar dari bangku kuliah untuk selalu melanjutkan pendidikan dan meningkatkan kemampuan-kemampuan profesional Anda. Pendidikan Anda bisa muncul dalam bentuk apa pun, mulai dari acara-acara komunitas yang tidak dimasukkan dalam kredit perkuliahan atau dari kursus di internet. Anda bahkan bisa menonton video dan membaca buku, jika Anda tidak merasa memiliki waktu untuk mengikuti sesuatu dengan jadwal yang menyita waktu ruang. Ada juga kursus-kursus online yang menawarkan sertifikat saat sudah selesai yang bisa sangat membantu memoles resume Anda.

Jadi Relawan

bekerja di depan komputer

Cara selanjutnya Anda bisa dengan jadi relawan di bidang kerja yang sedang Anda ikuti. Mungkin, saat ini Anda masih belum punya kualifikasi yang cukup untuk meyakinkan beberapa orang bahwa Anda sudah pantas mendapatkan pekerjaan berbayar. Namun, jika Anda mau meluangkan waktu dan tenaga untuk mengambil beberapa tugas ekstra di pekerjaan Anda saat ini, maka Anda akan bisa mempelajari hal-hal baru dan menambah  pengalaman.

Menjadi relawan adalah satu cara yang paling efektif untuk memoles resume Anda, dan Anda pun bisa belajar banyak dari sini.

Beri komentar Anda tentang artikel ini