Predikat Best Employee, Penting Nggak Sih dalam Perjalanan Karier?

Predikat Karyawan Terbaik, Penting Nggak Sih dalam Perjalanan Karier ?
El Shaddai Sandhy Pustap, Manager Marketing Jakmall.com

Bekerja di salah satu perusahaan e-commerce lokal buatan anak bangsa, tidak terpikirkan sebelumnya oleh El Shaddai Shandy Pustap. Berawal dari kegemarannya berselancar di dunia maya dan berbelanja melalui e-commerce, pria alumnus jurusan Informasi dan Teknologi Universitas Bina Nusantara ini akhirnya mendalami informasi soal e-commerce dan mencoba untuk mencari peluang karier dalam bidang e-commerce.

Dari berbagai sumber, ia melihat perkembangan pasar e-commerce di Indonesia akan terus berkembang. Diprediksi pada 2020, Indonesia akan memimpin pangsa pasar e-commerce. Dengan terus bertambahnya jumlah interest terhadap pasar e-commerce di Indonesia, peluang startup yang bergerak di bidang ini pun akan semakin berkembang. Hal inilah yang membuat Shandy menerima pekerjaan di Jakmall.com, salah satu platform e-commerce lokal di Indonesia.

Ia mengawali kariernya dengan menjadi Social Media Specialist. Dalam waktu tiga tahun, ia ditunjuk menjadi Marketing Manager. Sebagai manager, ia menyadari perannya di tengah karyawan lainnya. Untuk menjadi seorang manager, tak hanya bermodalkan kecerdasan saja. Namun, seberapa cakap dalam memecahkan permasalahan yang ada.

“Manager berperan sebagai problem solver dan harus bisa mengayomi seluruh karyawan di dalam tim. Sebagai problem solver, kami bisa melihat permasalahan baik secara teknis maupun non-teknis di antara rekan kerja. Selain itu, saya juga mengatur marketing plan supaya tujuan marketing yang dilakukan sesuai dengan kenyataan,” jelas Shandy.

Tidak mudah menjadi seorang manager di usia belia. Apalagi dengan situasi kerja yang juga didominasi oleh anak muda. Salah ucap, bisa menjadi bumerang baginya. Shandy menekankan kekuatan komunikasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman namun tetap produktif.

“Kunci utamanya di komunikasi. Komunikasi yang baik sangat membantu dalam banyak hal seperti mengemukakan pendapat, ide, maupun komplain agar tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu, kita harus bisa mendengarkan dengan detail dan menjaga komunikasi dengan tim lain,” tambahnya.

Baca Juga: Langkah Rekrutmen Online untuk Mendapatkan Karyawan Terbaik

Tahun lalu, Jakmall.com mengumumkan predikat Best Employee kepada beberapa karyawan yang memenuhi kriteria. Shandy salah satunya. Berdasarkan penuturan Sevira, Human Resources Jakmall.com, pengadaan predikat Best Employee tak hanya menjadi cara untuk memotivasi para karyawan Jakmall.com untuk lebih produktif. Namun, karyawan juga diharapkan mampu lebih peka terhadap potensi dirinya.

“Kami ingin orang-orang yang bergabung di Jakmall, memiliki aspek-aspek positif dalam dirinya juga dapat membawa pengaruh positif ke sesama rekan kerja. Tidak hanya memikirkan kemajuan untuk dirinya sendiri, namun juga bisa bermanfaat bagi rekan kerja yang lain,” jelasnya saat Job-Like Magazine bertandang ke kantor Jakmall.com di bilangan Jakarta Barat.

“Predikat Best Employee ini diberikan untuk mengapresasi kinerja karyawan dan meyakinkan karyawan bahwa apapun yang mereka kontribusikan untuk perusahaan, pasti akan dilihat dan diapresiasi,” tambah Sevira.

Shandy menanggapi pemberian predikat Best Employee yang diterimanya sebagai sebuah dorongan untuk bekerja dan berkontribusi lebih banyak untuk perusahaan.

“Prinsip saya dalam bekerja yaitu menyelesaikan pekerjaan yang harus diselesaikan. Kemudian jangan banyak mengeluh, menjaga komunikasi dengan siapapun itu, dan jangan melupakan pentingnya soft skill dibandingkan hard skill yang sebenarnya bisa diasah,” tutup Shandy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here