Harus Interview via Video? Lakukan Ini agar Terlihat Profesional

Melakukan interview via video bukanlah hal baru. Terkadang hal ini dilakukan karena pelamar dan pewawancara berada di kota berbeda. Alasan lain, rekruter melihat interview via video sebagai cara efisien untuk menemukan banyak kandidat.

Pada kasus tertentu, pencari kerja pun merekam jawaban pertanyaan interview dalam bentuk video, dan rekruter dapat melihatnya kapanpun. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk melakukan interview via video agar terlihat profesional?

Pahami Tipe Interview via Video yang akan Kamu Jalani

Wawancara online biasanya dilakukan dengan Skype, Google Hangout atau aplikasi serupa. Sementara bila rekruter meminta pelamar kerja untuk merekam video jawaban atas pertanyaannya, biasanya proses rekaman menggunakan situs perekam online, seperti HireVue atau SparkHire.

Jangan Mempersiapkan Diri di Last Minute

Mempersiapkan diri pada last minute untuk hal apapun hanya akan menghancurkan tujuan yang ingin kamu capai. Kamu tidak bisa dengan tiba-tiba menguasai materi bila baru mempersiapkan diri 1 jam sebelum melakukan interview. Diperlukan persiapan matang agar kamu bisa merespon semua pertanyaan interview secara terukur.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Wawancara Kerja Online Via Skype

Rencanakan Busana yang akan Kamu Kenakan

Meskipun kamu akan duduk di depan video selama proses interview, bukan tak mungkin kamu pun harus berdiri, misalnya ketika harus mengambil sesuatu selama wawancara. Nah, hindari mengenakan pakaian santai di bawah pinggang.

Untuk busana dari pinggang ke atas, tentu saja kamu harus tampil rapi selayaknya akan melakukan interview face to face.

Waspadalah dengan Body Language dan Ekspresi Wajah

Ketika kamu melakukan interview via video, rekruter akan terus-menerus menatapmu. Dalam sebuah video, ada garis tipis antara mempertahankan kotak mata dan menatap rekruter dengan memberikan kesan.

Tersenyum itu baik, namun jangan dianggap terlalu senang. Agar terlihat natural, ada baiknya kamu berlatih di depan cermin.

Siap Lebih Awal di Depan Komputer

Ketika kamu melakukan interview via video di rumah, bisa jadi kamu tergoda untuk melakukan pekerjaan rumah terlebih dulu, seperti memasak, mencuci baju, menulis email, dan lainnya. Eits, jangan lakukan itu!

Ada baiknya kamu untuk segera sign in paling tidak 5 – 10 menit sebelum waktu yang telah dijadwalkan.

Bila Harus Melakukan Interview via Video di Rumah, Gunakan Perangkat yang Nyaman

Menggunakan perangkat yang tepat untuk melakukan interview via video di rumah sangatlah penting untuk kenyamanan dan kelancaran dalam berdiskusi.

Kamu bisa menggunakan smartphone, tapi pastikan kualitas video smartphone kamu bagus ya. Atau, kamu juga bisa menggunakan laptop atau desktop bila ingin lebih leluasa.

Selain itu, periksa juga software yang akan digunakan. Bila kamu jarang menggunakan aplikasi Skype, ada baiknya kamu melakukan tes video call bersama teman atau kerabat. Jangan sampai kamu bingung bagaimana mengoperasikannya ketika waktu interview tiba.

Pertimbangkan Juga Background Ruangan yang akan Digunakan

Agar terlihat profesional saat interview via video meski dilakukan di rumah, pastikan kamu telah menyiapkan background ruangan dengan bersih dan rapi.

Jangan biarkan tumpukan baju atau cucian berada di belakang kursi yang akan kamu duduki. Singkirkan semua kekacauan yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here