Susah Cari English Speaker Saat Traveling? Ikuti Tips Berikut Ini!

Bahasa Inggris adalah bahasa kedua yang digunakan banyak negara, terlebih negara-negara destinasi turis atau pebisnis internasional. Meski begitu, ada beberapa negara, misalnya di wilayah Amerika Latin dan di Asia, yang belum fasih bahasa Inggris sehingga turis kesulitan mencari english speaker saat traveling.

Nah, bagaimana kamu bisa keluar dari situasi seperti ini ketika sedang bepergian? Tak perlu khawatir, berikut ini kami berikan tips yang bisa membantu kamu ketika sulit mencari english speaker saat traveling.

Jangan panik

Logika dan ketenangan adalah solusi terbaik. Kamu mungkin khawatir jika terlambat naik kereta atau tidak dapat menemukan ATM atau hotel. Namun, kamu tak perlu khawatir, meski penduduk lokal tak fasih berbicara bahasa Inggris, bukan berarti mereka tak bisa membantu kan? Tetaplah berpikir positif!

Solusi pertama yang bisa kamu terapkan, carilah anak muda berusia 20-an yang cenderung memahami bahasa Inggris, meski sepatah dua patah kata saja. Setidaknya, mereka lebih baik ketimbang orang tua.

Solusi lain, bila english speaker saat traveling sulit ditemukan, kamu bisa berkomunikasi dengan bahasa tubuh atau sketsa/gambar untuk menjelaskan apa yang hendak kamu tanyakan.

Baca Juga: 5 Tips Traveling untuk Calon Pasangan Baru yang Bisa Dicoba

Tulis Apa yang Ingin Kamu Cari

Sebelum keluar penginapan untuk menjelajahi kota, mintalah kepada resepsionis hotel untuk menuliskan nama hotel tempat kamu menginap dalam bahasa lokal, atau kamu bisa meminta kartu nama dengan detail hotel di atasnya.

Dengan persiapan informasi ini, kamu tidak akan mengalami masalah besar bila tersesat dalam perjalanan pulang.

Unduh Aplikasi Google Translate

Zaman sudah maju, kamu bisa mengunduh Google Translate sebagai “teman” perjalanan selama berada di negara asing. Ya, aplikasi ini mencakup puluhan bahasa di dalamnya.

Kamu dapat mengarahkan kamera ke teks tertulis atau menerjemahkan kata-kata ke dalam bahasa Inggris bahkan bahasa ibu. Aplikasi ini akan berfungsi secara offline jika tidak ada 4G atau Wi-Fi yang tersedia.

Beli Kamus Sederhana

Namun, bagaimana jika smartphone kamu mati karena habis baterai? Tenang, sebelum bepergian kamu bisa membeli kamus bahasa atau buku percakapan sederhana daerah yang dituju.

Meskipun kamu tidak mengucapkan kata-katanya, kamu bisa menunjukkan halaman buku lokal dengan frasa yang ingin kamu sampaikan. Banyak buku panduan juga memiliki daftar kata-kata umum.

Pergi ke Hotel atau Pusat Informasi Turis

Di mana pun kamu berada, carilah penginapan terdekat ketika tersesat. Hampir setiap penginapan memiliki staf english speaker atau akan menemukan seseorang yang bisa berbicara bahasa Inggris di tempat tersebut.

Dalam kasus terburuk, kamu dapat beristirahat di lobi dan mengumpulkan pikiran. Nggak masalah dong ya numpang ngadem sebentar!

Selain hotel, kamu juga bisa mencari pusat informasi turis untuk mendapatkan informasi dengan english speaker. Bahkan, kemungkinan besar pusat informasi turis pun memiliki staf multibahasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here