Butuh Ide untuk Pekerjaan dan Bisnis? Yuk Coba Think Week ala Bill Gates!

Rutinitas pekerjaan atau bisnis yang dijalani setiap hari tentu rentan menimbulkan kepenatan dan rasa lelah. Kamu butuh rileks sejenak agar bisa menghasilkan ide-ide segar untuk pekerjaan dan bisnis. Kebutuhan tersebut mendorong Bill Gates melakukan think week selama beberapa tahun belakangan ini.

Apa sih yang dimaksud dengan think week? Bisakah semua orang meneladani gaya hidup Bill Gates tersebut? Inilah jawaban selengkapnya!

Apa yang Dimaksud dengan Think Week?

Think week adalah upaya menjauh sejenak dari interaksi dengan keluarga, sahabat, rekan-rekan kerja, dan orang lainnya yang kamu kenal. Dalam satu tahun, Bill Gates biasanya melakukan kebiasaan ini sebanyak dua kali.

Pendiri Microsoft tersebut akan tinggal selama satu minggu di sebuah kabin tersembunyi di kawasan Pacific Northwest. Seorang koki pribadinya akan membantu menyiapkan makanan dua kali sehari. Selain kebutuhan tersebut, Bill Gates melakukan aktivitas lainnya seorang diri.

Baca Juga: Tren Mobilemoon: Ketika Gadget Lebih Mengasyikkan daripada Teman

Manfaat yang Didapatkan dari Menyendiri

Bill Gates kerap mendapatkan banyak ide berharga selama melakukan think week. Salah satunya adalah tulisan ilmiah bertajuk The Internet Tidal Wave pada tahun 1995. Tulisan tersebut menginspirasi penemuan berupa tablet PC Microsoft serta sejumlah inovasi lainnya yang kini dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa tersebut.

Bukan hanya Bill Gates yang bisa mendapatkan manfaat dari menyendiri. Kamu juga bisa memperoleh beberapa manfaat berikut ini ketika melakukan kegiatan yang sama:

  • Lebih fokus memperhatikan diri sendiri karena bisa terbebas sejenak dari lingkungan sekitar.
  • Lingkungan tempat tinggal yang baru akan memberikan kenyamanan tersendiri yang memicu lahirnya ide-ide baru.
  • Keharmonisan dengan orang-orang terdekat tetap terjaga karena ada jeda sejenak untuk mengenali diri sendiri. Think week bisa membuat kamu rindu kepada keluarga, sahabat, pekerjaan, dan hal-hal lain yang biasanya ada di sekitarmu.
  • Punya waktu senggang untuk menikmati alam dan melakukan hal-hal menyenangkan yang biasanya sulit diwujudkan karena terlalu sibuk.

Tertarik untuk Me Time ala Bill Gates?

Kalau kamu ingin melakukan think week, kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Mengajukan cuti sejak jauh hari. Jika tak bisa cuti seminggu penuh, usahakan untuk cuti selama 3-4 hari agar rencanamu berlangsung lancar.
  • Menyelesaikan semua pekerjaan sesaat sebelum cuti supaya bisa menikmati waktu pribadi secara maksimal.
  • Melakukan solo traveling ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Jangan lupa membatasi penggunaan gadget agar lebih rileks dan bahagia.

Rasa penat dan lelah memang bisa membuat produktivitas menurun. Jadi, lakukanlah kegiatan yang kamu sukai demi mengembalikan kreativitas dan semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here